Kesehatan

Mengenali Vertigo-Gejala dan mengatasinya

Kompas.com-Anda pernah sakit kepala sampai rasanya ruangan di sekitar Anda ber-putar2? Jika ya, mungkin Anda menderita vertigo. Vertigo, salah satu bentuk sakit kepala. Penderita mengalami persepsi gerakan yang tak semestinya, seperti berputar atau melayang disertai sakit kepala hebat.

 

Gejala umum vertigo: Mual, muntah, dan tak mampu menjaga keseimbangan badan. Penderita jadi kesulitan berdiri / berjalan. Ada tiga tipe vertigo. Pertama : Vertigo objektif. Gejalanya ybs merasa benda2 di sekitar bergerak. Tipe kedua : Vertigo subjektif, penderita merasa dia bergerak padahal tidak. Ketiga : Pseudovertigo,  pasien merasa sensasi gerakan berputar di dalam kepalanya.

 

Vertigo dapat disebabkan oleh masalah ketidakseimbangan di otak atau telinga bagian dalam yang dipicu oleh beberapa hal. Di antaranya adalah:

 

>Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), jenis vertigo yang umum, ditandai oleh sensasi gerak selama 15 detik sampai beberapa menit. Jenis ini bisa disebabkan oleh gerakan kepala ke suatu arah yang dilakukan tiba2 atau terus-menerus. BPPV jarang menyebabkan masalah kesehatan serius.

 

>Vertigo juga bisa disebabkan  peradangan di telinga bagian dalam. Penyebabnya bisa virus atau bakteri. Gejala peradangan bisa selama beberapa hari dan kemudian hilang dengan sendirinya.

 

>Penyakit Meniere terdiri dari 3 serangkaian gejala yaitu vertigo, telinga berdenging dan kehilangan pendengaran. Orang dengan penyakit ini bisa mengalami vertigo yang parah secara mendadak.

 

>Vertigo bisa disebabkan meningkatnya volume darah di dasar otak, karena ada pendarahan di otak belakang.

 

Perawatan di rumah

Perawatan di rumah seperti di bawah ini, hanya boleh dilakukan jika dokter sudah mendiagnosa Anda memiliki vertigo dan harus dikonsultasikan lebih dulu dengan dokter atau terapis Anda.

 

1-Modifikasi Epley adalah jenis terapi fisik yang melibatkan gerakan kepala dan tubuh di tempat tidur. Biasanya, modifikasi Epley dilakukan di pusat terapi. Tapi, jika dokter atau terapis mengizinkan, Anda juga bisa melakukannya di rumah.

 

2-Suplemen vitamin D dapat bermanfaat bagi pasien yang didiagnosis dengan benign paroxysmal positional vertigo. Terlebih dulu dokter akan memeriksa untuk melihat apakah Anda kekurangan vitamin D atau tidak.

 

3-Obat-obatan herbal seperti akar jahe, ginko biloba, dan ketumbar dapat membantu meringankan gejala pada beberapa orang.

 

4-Akupunktur juga dapat membantu meringankan gejala sama seperti obat-obatan herbal.

5-Hindari zat-zat yang dapat memengaruhi sirkulasi darah, termasuk kafein, tembakau, atau alkohol.

6-Cukup minum air putih. (Lily Turangan; Bestari Kumala Dewi; emedicine; http://lifestyle.kompas.com/read/2015/10/12/073000623/Penyebab.Vertigo.dan.Terapi.yang.Bisa.Dilakukan)-FatchurR

 

Catatan : Terutama di Usia yang kita yang minimal 50 tahun, marilah kita peduli (Care), terhadap gejala tubuh kita yang berbeda. Selanjutnya mencari tahu / konsultasi ke Dokter anda, atau sementara anda cari melalui Google. Sehingga gejala tersebut tidak terlanjur makin parah. (FR)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close