Kesehatan

Penting Minum Air putih sebelum konsumsi Kopi

(food.detik.com)-JAKARTA-Banyak yang tak bisa lepas dari kopi di pagi hari. Padahal penting mengonsumsi air putih sebelum meminum kopi saat sarapan.

Meski banyak penelitian yang menunjukkan manfaat meminum kopi, tapi minuman yang satu ini berefek samping negatif, terutama jika dikonsumsi pagi hari. Efek negatif ini bertambah tiap waktunya, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan secara perlahan.

Dilansir Canstar Blue (15/08), berikut 6 alasan mengapa Anda harus minum air putih sebelum membuat secangkir kopi pagi hari.

 

1-Dehidrasi

Tubuh cendrung mengalami dehidrasi setelah berpuasa ketika tidur sepanjang malam. Kopi mengandung sifat diuertik, merangsang ginjal mengeluarkan lebih banyak natrium ke dalam urin. Hal ini membuat tubuh membasuhnya dengan air, sehingga tubuh akan lebih mudah kekurangan cairan.

 

2-Tetap Fokus

Air putih memiliki cara alami membuat tubuh tetap segar dan terhidrasi, terutama di pagi hari. Selain itu air putih berguna menghidrasi otak, yang terdiri dari 75% air. Sehingga aliran air membantu Anda lebih fokus, dan mendorong tubuh lebih produktif dan tidak gampang lemas.

 

3-Bahaya Lambung

Secangkir kopi tingkat keasamannya tinggi. Kandungan asam ini membuat lapisan lambung iritasi. Ketika mengonsumsi kopi, tubuh menghasilkan asam klorida (HCI). Hal ini diperburuk jika perut kosong. Jika dibiarkan, asam lambung menurun dan menimbulkan masalah pencernaan, kekurangan mineral, dsb. Untuk menghindarinya minumlah segelas air putih sebelum menyeduh kopi.

 

4-Haus

Sebagian orang meminum banyak kopi di pagi hari karena mereka merasa haus. Kopi justru akan memicu rasa haus. Untuk mengurangi rasa haus, biasakan meminum air putih di pagi hari untuk menghindari konsumsi kopi yang berlebih.

 

5-Membuat Tubuh Segar

Di pagi hari tubuh mengalami elimination mode, proses mengeluarkan racun atau senyawa yang tidak dibutuhkan tubuh. Untuk mendetoks tubuh di pagi hari, bisa meminum beberapa gelas air putih. Selain membuat tubuh lebih sehat, Anda merasa lebih segar. Jika bosan minum air putih, bisa tambahkan irisan buah lemon rasa yang lebih segar.

 

6-Konsumsi Air Putih

Jika Anda tidak terbiasa minum air putih pagi hari, Anda bisa mulai perlahan. Bisa konsumsi satu gelas air putih, lalu jika terbiasa bisa menambah takaran gelas. Untuk takaran air putih, laki-laki butuhr 2 liter air putih/hari. Wanita sekitar 1,6 liter untuk asupan cairan harian.

 

(sob; odi; Sonia Basoni; Bahan dari : https://food.detik.com/info-sehat/d-4168511/ini-pentingnya-minum-air-putih-sebelum-konsumsi-kopi-di-pagi-hari)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close