Kesehatan

Vaksinasi agar tetap sehat di usia senja

Jakarta-Preventif lebih baik dari mengobati, jadi seseorang diharapkan berupaya menjaga kesehatannya setiap waktu. Nah dalam rangka Hari Lansia Nasional 2015, ada ajakan dari lembaga kesehatan untuk para lansia melakukan vaksinasi.

Aspek promotif dan preventif satu hal yang kini difokuskan pemerintah untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Di bidang lansia biasanya masalah yang tersering dialami adalah penyakit degeneratif dan juga infeksi karena daya tahan tubuh yang menurun.

Untuk cegah penyakit infeksi tersebut Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan (Dirjen BUK), Satgas Imunisasi Dewasa, dan Perhimpunan Gerontologi Medik Indonesia (PERGEMI) berkomitmen untuk melakukan vaksinasi lansia.

Ketua Satgas Imunisasi Dewasa Profesor Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD, K-AI, FINASIM, FACP, mengatakan sehat di usia lanjut merupakan tujuan hampir seluruh manusia. Berbagai upaya harus dilakukan untuk mencapai hal tersebut salah satunya dengan vaksinasi agar terhindar dari penyakit.

“Untuk imunisasi bayi dan anak keadaan kita cukup bagus, cakupannya sudah 80%. Untuk imunisasi dewasa ini kita masih baru yang berjalan sejak 2003,” kata dr Samsuridjal ketika ditemui pada acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional di Hotel Double Tree, Cikini, Jakarta (21/5/15).

dr Samsuridjal mengatakan vaksinasi ini sering dianggap sebagai sesuatu untuk anak-anak. Hal tersebut ia katakan salah karena orang dewasa terlebih lansia juga dapat memperoleh manfaat dari vaksinasi.

“Tidak hanya untuk bayi dan anak tapi juga orang dewasa, bahkan sangat bermanfaat untuk orang dengan usia lanjut. Di luar negeri, Australia, misalnya sejak tahun 1993 orang dewasa setiap tahun dapat imunisasi influenza yang cakupannya sudah mencapai 50%,” papar dr Samsuridjal.

Dengan usia harapan hidup yang semakin tinggi, makin banyak kelompok lansia di Indonesia sendiri saat ini rata-rata usia harapan hidup masyarakatnya 70 tahun dan memiliki populasi sekitar 25 juta lansia. Agar kualitas hidup tetap baik di masa senja, vaksinasi adalah salah satu upaya yang sangat dianjurkan. (fds/vit; Firdaus Anwar; https://health.detik.com/read/2015/05/21/114647/2920871/763/vaksinasi-salah-satu-cara-agar-tetap-sehat-di-masa-senja)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close