Iptek dan Lingk. Hidup

Danau2 ini aneh bin ajaib (3/3)

3-Danau Merzbacher, Kirgystan
Danau yang bisa menghilang terakhir di Kyrgystan (di Ak-Su, di Issyk Kul Region), daerah terpencil yang lebih banyak gunung2 es-nya dibanding pemukiman. Nama danau ini diambil dari Gottfried Merzbacher, ahli geografi dan pendaki gunung warganegara Jerman penemunya.

Ceritanya saat itu, Merzbacher memimpin tim ekspedisi ke Pegunungan Tian Shan untuk mencapai puncak Khan Tengri. Sayang, karena badai salju perjalanan Merzbacher terpaksa mengganti rute di Byankol Pass, sampai akhirnya ketemu Gletser Enilchek. Di gletser inilah, danau tersebut ditemukan.
Danau Merzbacher bisa menghilang 2 kali dalam setahun, sekali di musim panas, dan sekali di musim dingin. Saat danau mengering, tersisa bongkahan besar es yang terdapat di celah-celah antara gletser. Beberapa penjelasan ilmiah diutarakan mengenai fenomena alam ini.

 

Salah satunya tekanan air menciptakan perubahan bentuk dalam bendungan es, sehingga membuka celah yang membuat air danau terkuras. Sampai kini terus diteliti penyebab fenomena tersebut bisa terjadi. Tamat………. ; (rdy/fay; Wahyu Setyo Widodo; https://m.detik.com/travel/international-destination/3504832/3-danau-ajaib-yang-bisa-hilang–muncul-lagi)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close