Iptek dan Lingk. Hidup

Seluruh Kabupaten Bisa Akses Internet Cepat

(m.suara.com/tekno)- Menkominfo Rudiantara menyatakan wilayah Indonesia di tingkat kabupaten kota akan tersambung ke internet cepat pada tahun ini begitu Palapa Ring selesai.

 

“Merdeka Sinyal dari level kabupaten karena Palapa Ring selesai. Di tingkat kabupaten semua terhubung, ke dalamnya masih perlu (waktu),” katanya di Kantor Kominfo (1/4/19). Secara bertahap seluruh masyarakat tersambung ke internet cepat (2020) setelah memancarkan internet melalui satelit.

 

Pembangunan infrastruktur jaringan Palapa Ring ditargetkan selesai-2019. Palapa Ring Barat  selesai dibangun Maret 2018 dan Palapa Ring Tengah selesai dibangun akhir 2018. Ditargetkan Palapa Ring Timur, yang menyambungkan wilayah Papua dan Maluku ke internet cepat, selesai pertengahan-2019.

 

Proyek pembangunan infrastruktur jaringan Palapa Ring dirancang untuk menggelar kabel serat optik di darat dan di laut agar dapat menghubungkan seluruh kota dan kabupaten ke jaringan telekomunikasi dan internet.

 

Untuk mengatasi kendala internet di kondisi geografis Indonesia yang beragam, Kominfo melalui Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) berencana membuat satelit jenis High Througput, diperkirakan senilai Rp 22 triliun.

 

Saat ini pengadaan satelit multifungsi bernama Satria itu dalam tahap lelang, urusan administrasi satelit diharapkan selesai tahun ini agar satelit dapat dibangun mulai awal 2020. BAKTI memperkirakan satelit selesai dibangun dalam tiga tahun, 2023 satelit ini dapat beroperasi.

 

Sambil menantikan satelit Satria selesai, saat pemerintah menyewa satelit Nusantara Satu milik PT Pasifik Satelit Nusantara yang telah mencapai orbitnya dan akan beroperasi bulan April ini. ( Bahan dari : https://m.suara.com/tekno/2019/04/01/202853/kominfo-seluruh-kabupaten-di-indonesia-akses-internet-cepat-tahun-ini)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close