Iptek dan Lingk. Hidup

Drone raksasa bertenaga Surya bisa terbang ber-bulan2

Tempo.co, Jakarta-Ini Drone  bertenaga surya Cina besar, dengan tinggi 130 kaki (39,6 meter). Drone ini dirancang untuk terbang di ketinggian lebih dari 65 ribu kaki (19.812 meter), selama berhari-hari.
Caranya? Tubuh super-ringan dan teknologi energi terbarukan bisa menggerakkan ke-8 baling2 listriknya. Drone ini bisa mencapai kecepatan 125 mil (201 km)/jam. Caihong-T4 (CH-T4), yang dibangun oleh Chinese Aerospace Aerodynamics (CAAA), memiliki badan ganda, sayap putar, dan ekor kembar.

 

Drone ini memiliki lebar sayap 40 mt, yang berarti lebih lebar dibanding pesawat jet Boeing 737. Meski berukuran besar, beratnya 400-500 kg. Bobot yang ringan ini akibat penggunaan serat karbon dan komponen plastiknya.

Dalam ukuran dan ketinggian penerbangan, drone ini di posisi ke-2 setelah Prototipe Helios NASA, pesawat terbang bertenaga surya lain yang memiliki lebar sayap 246 kaki (75 mt) dan ketinggian 96.863 kaki (29.523 mt). Ilmuwan CAAA mengatakan ke China Daily bahwa CH-T4 dirancang untuk penerbangan beberapa bulan, dan hanya butuh pengawasan manusia minimal.

Terbang hingga hampir 20 kilometer, berarti CH-T4 akan terbang di atas hampir semua tutupan awan, sehingga akan menikmati akses matahari yang hampir tak terbatas selama beroperasi. Pada malam hari, CH-T4 akan menarik daya dari baterai onboard untuk menyalakan motornya.

Proyek drone jangka panjang Cina ini bekerja paralel dengan DARPA dan perusahaan teknologi seperti Facebook. Bagi militer, teknologi seperti ini menyediakan platform yang sangat baik untuk misi pengawasan terhadap sasaran militer dan teroris.

Drone ini dapat menggunakan batas ketinggiannya untuk menjaga kontak garis lurus dengan lebih dari 400 ribu mil persegi tanah dan air. Itu kira-kira seukuran Mesir. Untuk militer dan perusahaan teknologi, cakupan wilayah yang luas itu menjadikannya jalur data dan simpul komunikasi yang sangat baik.

Ini akan memungkinkan drone tersebut mengganti atau membuat cadangan komunikasi satelit, menjaga jangkauan di antara berbagai pesawat terbang dan kapal yang berjauhan, atau bahkan menyediakan broadband ke rumah tangga pedesaan Cina.

Percakapan seputar penggunaan drone sering kali terbatas pada peran mereka sebagai pembunuh rudal dan helikopter pembawa parsel, beberapa drone paling penting di masa depan mungkin adalah seperti Prototipe Caihong X dan Helios, yang mengumpulkan data setiap hari.

 

(POPULAR SCIENCE | ERWIN Z; https://m.tempo.co/read/news/2017/06/07/095882313/bertenaga-surya-drone-raksasa-cina-bisa-terbang-berbulan-bulan#VpGCgP2Tr1GXOj05.97)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close