Psikologi

Manfaatkan waktu yang berharga

Allah itu Maha Adil. Tiap orang mendapat waktu sama 24 jam sehari-semalam mengarungi hidupnya. Dimensi waktu, fenomena perjalanan hidup dari detik ke menit, menit ke jam, jam………  hingga bulan ke tahun, dst.

 

Pertanyaannya, sudah mampukah kita gunakan waktu untuk melakukan hal2 bermanfaat dan menguntungkan? Sesibuk apapun, jangan katakan Anda tidak punya waktu. Anda telah diberi waktu yang sama jumlahnya setiap hari, dengan waktu yang diberikanNya kepada orang lain.

 

Tidak ada yang dapat kurang atau lebih, meski satu menit. Semua sama, hanya cara menggunakan membuat manusia berbeda. Sebagian orang bisa memanfaatkan waktu untuk hal2 positif dan produktif, sebagian lagi membuang waktu untuk hal2 negatif dan kontraproduktif. Padahal, hidup selalu berpacu dengan waktu.

 

Jangan mencari-cari alasan tidak punya waktu, karena kitalah yang menjadi pemegang kendali waktu. Siapa yang mem-buang2 waktu, dirinya akan tergilas oleh waktu itu sendiri.

Bicara masalah waktu, hari ini sama seperti hari-hari lain. Merupakan waktu berharga, jika kita tahu yang harus kita lakukan dengan waktu yang ada. Seiring berjalannya waktu, banyak hal bisa kita dapatkan. Tidak banyak waktu yang terbuang jika kita bisa tepat menggunakannya.
Waktu yang tidak dimanfaatkan merupakan kerugian. Karena itu, gunakan waktu sebaik mungkin, dan jangan lewatkan kesempatan yang ada. Tidak peduli apakah Anda itu orang kaya atau orang miskin, Anda memiliki jabatan atau tidak, waktu tidak mau diajak kompromi.

 

Ia akan terus berjalan. Dan juga tidak peduli apakah orang2 mampu melewatinya dengan rasa senang, atau sebaliknya. Siapa pun orangnya, tidak akan bisa mengulang setiap waktu yang sudah terlewat. Sekali waktu telah terlewat, maka kita tidak dapat menelusurinya kembali.

Jika waktu bisa terulang, tentu kita semua berharap akan melakukan yang baik2, terutama memperbaiki kesalahan yang pernah dilakukan. Sayangnya, waktu tak bisa terulang. Kalaupun kita bisa menunda, kehidupan terus berlangsung. Padahal waktu adalah kehidupan. Maka bagi siapa saja yang menyia-nyiakan waktu, ia akan kehilangan sebagian dari kehidupannya.

Selamat menikmati sajian musik tentang waktu bersama Agung Fatwa: https://www.youtube.com/watch?v=ZmXh4cvnueA dan https://www.youtube.com/watch?v=kT3pxBIMwQk
(Bandung, 28/5/2017; Wassalam, Muchtar A.F; www.startc.co; Instagram, FB, YouTube: Muchtar A.F)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close