Psikologi

Pertemanan yang tetap hangat

Kompas.com-Meski sibuk dengan pekerjaan atau aktivitas2 rutin harian, hubungan dengan teman perlu dijaga. Kebersamaan dan kehangatan hubungan pertemanan diperlukan untuk menyeimbangkan hidup sebagai makhluk sosial.

 

Kumpul bareng teman, berbagi cerita, dan senda gurau jadi cara praktis mempererat hubungan sosial. Bagaimana pun Anda butuh keakraban semacam ini. Menjadi sulit ketika teman baik Anda tinggal di kota berbeda. Kesempatan bertemu makin sempit. Padahal Anda hanya terbuka bercerita apa saja dengannya.

 

Anda bisa mengadopsi sejumlah cara menghangatkan hubungan dengan teman berikut ini:

* Manfaatkan fasilitas di dunia maya (Medsos) mempererat hubungan pertemanan jarak jauh. Jika Anda dan teman hobi baca buku, buatlah klub buku jarak jauh dengan internet. Bangun komunikasi via email (surel), mengenai buku yang baru selesai Anda baca.

 

Anda bisa berdiskusi soal buku, pandangan hingga analisa Anda mengenai berbagai bahan bacaan tersebut. Diskusi online soal buku dengan teman dekat bikin hubungan tetap akrab.

 

* Surat atau postcard bisa jadi alat mendekatkan hubungan dengan teman yang terpisah jarak. Jangan  kecewa jika teman Anda tidak membalas. Temukan cara menjalin hubungan.

 

* Buat 10 daftar film, buku, lagu yang Anda sukai. Lalu tukar daftar Anda dengan teman dekat yang memiliki selera serupa. Berbagi cerita bisa dilakukan dengan cara apa saja. Termasuk melakukan hobi yang sama meski terpisah jarak dengan teman-teman Anda.

 

* Jika Minggu pagi biasanya Anda ber-malas2an di rumah, ganti aktivitas dengan kumpul bareng teman yang lama tak bersua. Ajak teman Anda menikmati sarapan pagi bersama di cafe favorit Anda dan dia. Perbincangan seru berawal dari suasana santai ini. Singkirkan telepon Anda, bangun percakapan dua arah yang menyenangkan bersama teman2 Anda.

 

* Bertukar pakaian layak pakai juga bisa jadi pilihan menjalin hubungan. Cari teman berpostur sama dengan Anda. Koleksi busana yang tersimpan rapi di lemari, bisa Anda tukar dengan koleksi milik teman. Anda tak perlu boros beli baju baru, karena dengan cara ini Anda dapat busana yang disukai tanpa mengeluarkan anggaran lagi.

 

* Menonton film di bioskop bareng teman selalu jadi pilihan menjaga hubungan pertemanan. Termasuk bagi Anda yang tinggal berjauhan dengan teman. Caranya, Anda dan teman2 menonton film yang sama di masing2 tempat tinggalnya, dalam waktu yang sama. Setelahnya, mulailah perbincangan di telepon atau melalui situs jejaring sosial, atau alat komunikasi lainnya.

 

* Tatap muka dengan teman lama atau teman yang tinggal berjauhan tetap diperlukan. Jadwalkan waktu bertemu teman lama atau teman jauh minimal satu tahun sekali. Buat rencana pertemuan seharian, dan nikmati keakraban yang membuat hidup Anda lebih menyegarkan.

 

* Jika Anda memiliki kelompok pertemanan yang tinggal berjauhan, pilih cara ini. Setiap orang mendapatkan jadwal untuk menulis surat tentang apa saja yang ingin diceritakannya. Surat ini ditujukan untuk semua anggota kelompok pertemanan Anda. Kirim surat tersebut ke semua teman2 Anda.

 

Berikutnya, satu per satu anggota kelompok pertemanan Anda juga melakukan hal serupa, secara bergiliran. Anda akan menemukan kisah dan pengalaman seru di balik cerita surat tersebut. Meski berjauhan, Anda akan merasa selalu dekat dengan teman baik yang terpisah jarak.

 

Di era digital ini anda lebih mudah dengan memanfaatkan Medsos-grup2 WA, dsb (Elevenia; Wawa; http://lifestyle.kompas.com/read/2011/06/14/11330342/Agar.Hubungan.Pertemanan.Tetap.Hangat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close