Islam

Warung Gudeg ini menggratiskan sahur tiap Sabtu dan Minggu

Yogya-Ada banyak cara dikerjakan Muslim untuk berbagi selama Bulan Ramadan. Salah satu warung Gudeg di Yogya ini yang menyajikan menu sahur gratis tiap Sabtu-Minggu. Warung Sedekah Yu Jilah di Jalan Parangtritis No 88, RT 53 RW 14, Kelurahan Mantrijeron, Kec-Mantrijeron, Yogya ini menggratiskan menu sahurnya bagi yang datang.

Pemilik warung, Edi Sumaryanto (40) mengaku dia menggratiskan menu sahurnya bukan hanya kepada yang kurang mampu saja. Semua boleh menikmati sahur Gudeg gratis tiap Sabtu-Minggu di warungnya. “Yang pakai mobil silakan, jadi saya tidak pandang dia kaya atau tidak. Tapi kalau bungkus (dibawa pulang) tidak kami layani” ujar Edi kepada detikcom (31/5/17).

Edi bercerita jika ide mengadakan sahur gratis berasal dari mertuanya, Sukarjilah (57). Usulan Sukarjilah ini  dapat respon positif dari keluarga Edi. Tak hanya Edi dan istrinya Mardani Asmorojati (34) saja yang setuju, ibu kandung Edi, Sumaryatun (72) juga mendukung. Dibantu Sumaryatun dan Mardani, tiap hari Sabtu-Minggu antara jam 02.00 WIB – 04.15 WIB, mereka menggratiskan sahur.

“Jadi yang masak istri saya,” lugas Edi. “Kegiatan lebih untuk menabung (pahala) di akhirat nanti,” imbuhnya. Aksi Edi menyediakan sahur gratis tak hanya didukung keluraganya. Sekitar 10 orang rekannya yang tertarik juga turut membantu pendanaan kegiatan sahur gratis itu. “Ibu saya menggandeng temen alumni SMP N 3 Yogya”.

Para donatur itu, kata Edi, ikut bantu menyediakan bahan2 yang dibutuhkan, Edi beserta istri bertugas mencari bahan mentah di pasar, dan memasak hidangan sahur. “Saya yang bagian mengerjakan, dibantu istri dan ibu” urainya. “Kalau donatur tak berdomisili di sini, ya transfer uangnya,” kata Edi. Pengunjung tidak hanya nikmati gudeg saja, tapi warung milik ini kadang menyajikan menu berbeda.

“Sabtu malam kemarin Nasi Gudeg, Minggu Tongseng Ayam, kalau besuk Brongkos Telur. Ya bervariasi lah, biar tidak bosen pengunjungnya,” tuturnya. (sip/mbr; Usman Hadi; https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3517276/warung-gudeg-yogya-ini-sediakan-sahur-gratis-tiap-sabtu-dan-minggu)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close