Iptek dan Lingk. Hidup

Lima Mobil diakui tertua di dunia(1/3)

Ngomong mobil tertua di dunia, bayangan kita umumnya tertuju ke Ford Model T. Maklum mobil itu telah masuk ke dalam sejarah mobil yang diajarkan di sekolah2 di AS.  Kelahiran Ford Model T ini salah satu kontribusi Henry Ford terhadap mobil produksi massal.

 

Tapi, jika didalami, Ford Model T masuk ke daftar terbawah dari mobil tertua di dunia. Pasalnya, mobil tertua di dunia bukan berbahan bakar bensin, melainkan tenaga uap. Mobil bertenaga bensin tertua tidak dibangun sampai 1885, saat Karl Benz memproduksi Benz Patent-Motorwagen.

 

Akhirnya mesin diesel dan bensin lebih mudah diproduksi massal. Mesin itu juga terbukti lebih mudah diprediksi dan dapat diandalkan serta dapat dioperasikan secara ekonomis. Laman Cheatsheet telah merilis dapat 5 mobil tertua di dunia. Model2 apakah itu? Mari kita ungkap satu persatu.

 

1-Cugnot Fardier

Cugnot Fardier, kendaraan ‘self-propelled’ pertama untuk mengangkut manusia. Mobil pertama di dunia ini hasil inovasi dari insinyur di Angkatan Darat Prancis yakni Nicolas-Joseph Cugnot. Soal Cugnot Fardier sebagai ‘self-propelled’ pertama di dunia masih diperdebatkan.

 

Pasalnya (1672) Ferdinand Verbiest lebih dulu memperkenalkan desain mobil bertenaga uap, tapi karena dimensinya kecil dan tidak punya ruang cukup untuk pengendara dan mustahil dibangun. Tenaga uap telah digunakan awal 1.700 untuk mesin2 pompa air dari tambang atau mengangkat alat berat.

 

Saat itu, belum diketahui cara mengkonversikan gerak maju bolak-balik ke gerakan putar untuk memutar roda. Cugnot berhasil memecahkan masalah ini dan pada 1769 membangun kendaraan prototipe ukuran penuh berdasarkan model yang dia buat pada enam tahun sebelumnya.

 

Steam Dray besutannya itu punya tiga buah roda dengan pelek besi, dua-2 berada di belakang dan satu roda berada di depan. Kendaraan yang dirancang mengangkut artileri itu menggendong boiler depan dan mesin-2 silinder yang ditempatkan di atas roda depan.

 

Pada saat dioperasikan, mobil Cugnot ini harus berhenti setiap 10-12 menit guna membangun kembali tekanan uap agar kendaraan dapat kembali melanjutkan perjalanan. Kendaraan ini memiliki top speed hanya 1 mph atau sekitar 1,6 km/jam.

 

Saat ini Cugnot Fardier menjadi salah satu koleksi yang dimiliki oleh museum Musee des Arts et Metiers di Kota Paris, Prancis. Bersambung….. (Tony Irawan;  http://www.pikiran-rakyat.com/otomotif/2017/05/19/5-mobil-tertua-di-dunia-401521)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close