Psikologi

Mempengaruhi masa depan Kata menunda itu

Menunda bukan berdosa tapi bisa memalukan dan membuat hidup kita tercela. Jika kita melakukan dan mengulanginya kembali, maka ini bisa jadi kebiasaan buruk yang sangat sulit untuk dihilangkan dari dalam diri kita, meskipun kita sangat berharap untuk bisa mengubahnya.

 

Menunda pekerjaan dan hal2 lain dalam kehidupan itu hal yang sering kita lakukan. Meski itu sering menimbulkan masalah2 bagi diri kita. Kita begitu senang melakukan hal ini, mengulangnya lagi, dan melakukan kembali, hingga kebiasaan ini bisa jadi bagian dari diri kita dan jadi karakter yang melekat.

 

Ini bukanlah sebuah kebiasaan yang baik, bahkan meski hanya terjadi sesekali saja, kebiasaan ini akan sangat merugikan diri kita sendiri.

 

Menunda sebagai hambatan masa depan

Kebiasaan menunda tentu jadi hal yang merepotkan, terutama jika kita biasa menyelesaikan segala sesuatunya di saat2 terakhir. Bayangkan, sebuah pekerjaan harus diselesaikan mendesak dan terburu-buru, sudah tentu hasilnya tidak akan sempurna dan mungkin saja memiliki banyak kekurangan. Ini tentu sangat merugikan, bukan?

 

Jika kita membiarkan kebiasaan ini selalu terjadi di dalam kehidupan kita, maka akan ada banyak sekali kesempatan baik yang terbuang dengan percuma. Bila menjadi seorang pebisnis yang suka menunda – nunda pekerjaan, maka bisa dipastikan sejumlah peluang bisnis akan terlewatkan dengan sia-sia akibat kebiasaan menunda – nunda.

 

Di saat orang lain telah selesai mempresentasikan bisnisnya, kita baru saja akan menyusun bahan untuk kegiatan tersebut di dalam bisnis kita. Sudah bisa dipastikan, kita akan terpuruk dan tertinggal jauh di belakang pesaing-pesaing lainnya.

 

Bahkan meski hanya menjadi seorang pekerja kantoran, kebiasaan menunda ini akan menjadi sebuah hambatan besar di dalam karir kita. Perusahaan akan selalu melihat ketangkasan dan juga kecerdasan seseorang yang akan mereka promosikan.

 

Bukan seseorang yang selalu keteteran dengan sejumlah jadwal dan juga pekerjaan yang tertunda. Kesempatan untuk memiliki karir yang cemerlang, akan menjadi sebuah hal yang “mustahil” jika kita memiliki kebiasaan menunda – nunda pekerjaan.

 

Berubah untuk masa depan cerah

Meninggalkan sebuah kebiasaan yang telah bertahun-tahun dilakukan, tentu bukan sebuah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan niat dan juga kerja keras untuk bisa mengubah kebiasaan menunda – nunda yang kita miliki.

 

Mulailah menghargai setiap waktu yang kita miliki, sehingga kita bisa menggunakannya untuk berbagai hal yang berguna di dalam kehidupan kita. Miliki motivasi yang kuat untuk berubah, sebab jika tidak sekarang, kapan lagi kita akan melakukannya?

 

Jangan malas mendisiplinkan diri, meski terasa sulit dilakukan. Dengan disiplin tinggi di dalam diri, maka kebiasaan menunda yang kita lakukan perlahan akan hilang dan tergantikan dengan kebiasaan disiplin dan tepat waktu. Kita akan terbiasa dengan kehidupan yang lebih teratur dan terjadwal, sehingga berbagai urusan dan pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu.

 

Cintai pekerjaan yang kita miliki saat ini, sehingga kita memiliki rasa tanggung jawab yang besar serta keinginan untuk berhasil di bidang itu. Jika kita memiliki keinginan untuk maju dan berhasil di masa depan, maka lakukan hal tersebut dari sekarang, berhentilah menunda – nunda pekerjaan dan juga kesuksesan. (Si Polos; http://www.sipolos.com/menunda/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close