Opini dan sukses bisnis

Alibaba Supermarket bebas antre dan kasir

Kompas.com-Alibaba punya konsep supermarket bernama Taocafe, bagian dari Taobao Maker Festival yang ke-2 di Hangzhou International Expo Center, Provinsi Zhejiang, China. Taocafe sebagai unmanned supermarket atau self-service supermarket yaitu tak dijaga asisten toko, manajer, atau kasir.

 

Pengunjung yang ingin masuk hanya memindai QR Code pada aplikasi Taobao. Pengunjung bebas belanja dan makan di food court yang tersedia. Pembayaran di akhir kunjungan, tak ada transaksi uang fisik, melainkan lewat layanan pembayaran digital Alipay, seperti dihimpun KompasTekno, (11/7/17) dari DailyMail.

 

Ketika keluar dari Taocafe, sistem mendeteksi barang yang dibeli. Sistem mengambil uang dari akun Alipay pengunjung itu otomatis sesuai nominal harga barang. Jika pengunjung menyembunyikan barang belanjaan di tasnya -bukan pada plastik yang disediakan, sistem mampu mengidentifikasi dan memotong saldo Alipay. Dengan cara ini, antrean di depan kasir bakal terhindar.

 

Saat pilih makanan di food court dan hendak bayar, pengunjung bakal dihadapkan dengan layar yang dilengkapi speech-recognition. Layar bakal bertanya “ini makanan yang anda ambil. Anda yakin ingin bayar?” begitu suara otomatis. Jika jawaban pengunjung adalah “iya”, maka harga makanan akan dipotong dari saldo Alipay.

 

Inovasi dari Alibaba Group ini lagi2 bisa dibilang “penghancur” industri. Pengalaman yang diberikan pengguna : Belanja lebih praktis, tak ribet dengan uang fisik, dan tak harus antre di kasir. Tanpa biaya untuk tenaga kerja, biaya operasional Taocafe diperkirakan seperempat dari supermarket tradisional.

 

Satu2nya yang harus dilakukan pemilik supermarket adalah mengisi ulang pasokan barang tiap hari. “Taocafe mencoba memberi pengalaman belanja unik dan pengalaman pembayaran berbeda pada pengunjung,” kata perwakilan Alibaba.  Konsep pertama Taocafe dibuka 24 jam dan di area 200 m2.

 

Perwakilan Alibaba mengatakan Taocafe diproyeksikan jadi supermarket komersil yang tersebar di mana2, namun belum dalam waktu dekat. Tunggu saja. (Fatimah Kartini Bohang; Deliusno; Dailymail dan http://tekno.kompas.com/read/2017/07/11/08593167/taocafe.supermarket.tanpa.antre.dan.kasir.bikinan.alibaba)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close