Wisata dan Kuliner

Mencicipi keunikan Kuliner di Yogya(1/4)

“Kuliner Jogja” akan terbayang di benak kita makanan manis semacam gudeg, yangko, dan bakpia. Kepopuleran 3 kuliner Jogja tak diragukan. Tapi jangan salah, di berbagai sudut kota Jogja ber-ragam kuliner lain tak kalah enaknya dan tak ada salahnya anda coba.

 

Kalau anda ada kesempatan untuk traveling ke Jogja, wajib hukumnya mampir ke tempat kuliner yang di rekomendasikan buat anda. Ikutilah 6 seri berikut ini :

 

1-Sate Kere pak Mardi yang murah

“Kere” dalam Bahasa Jawa berarti miskin. Tapi sate ini bukan ditujukan untuk orang miskin saja, tapi bernama kere karena harganya bersahabat bagi semua orang. Beda dengan sate kebanyakan yang berkuah kacang, Sate Kere terbuat dari daging sapi dipadu lontong dan potongan kuah sayur tempe.

 

Untuk mencapainya kita perlu pergi Jl. Godean km 7. Tidak susah kok menemukan warung Sate Kere Pak Mardi ini, karena tempatnya selalu ramai pengunjung. Warung sate sederhana ini buka dari pukul 5 sore hingga 10 malam.

 

Tempatnya cukup luas dan bisa menampung sekitar 20an orang. Harga yang dipatok pun sangat bersahabat, sekitar Rp 7.000 per porsi. Pas banget buat kita yang lagi backpackeran tapi pingin makan enak.

 

2-Gudeg Mercon Bu Timah yang membakar lidah

Makanan tradisional asal Jogja ini berbahan dasar nangka muda yang dicampur dengan serangkaian bumbu dan didominasi oleh rasa manis. Jika kita jemu rasa manis, kita wajib menjajal kuliner satu ini. Gudeg mercon yang terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta.

 

Rasanya berbeda daripada gudeg lain di Jogja. Jika gudeg lain berasa manis, maka gudeg Bu Tinah rasanya pedas membakar lidah. Gudeg yang anti mainstream ini jam jualannya juga unik. Jika warung gudeg yang lainnya buka pada pagi hingga malam hari, maka Bu Tinah ini baru menggelar lapak gudeg Merconnya pada pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari.

 

Lauk yang disajikan di lapak sederhana bu Tinah beragam, dari telur, gorengan, ceker goreng tepung, ayam kampung, sate ayam. Harganya Rp 15.000 – Rp 25.000. Murah ‘kan? Tapi harus bersabar antri ya, karena dijamin antriannya bakal mengular. Bersambung………; (Pinka Wima; http://www.hipwee.com/travel/11-ragam-kuliner-unik-yang-wajib-anda-jajal-saat-bertandang-ke-jogja/)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close