Wisata dan Kuliner

Santap siang nasi gurih dan ayam tumis

Jakarta-Ayam jadi bahan santap siang yang terpraktis dan cepat dalam mengolah. Rasa dan tekstur yang lezat, membuat ayam dapat menjadi beragam hidangan istimewa tanpa menyita waktu.

Salah satu menu yang cocok disajikan saat makan siang adalah Nasi Gurih dan Ayam Tumis Sayuran. Kombinasi ini menguggah selera Anda saat santap siang. Dikutip Taste.com.au, berikut resep dan cara membuat Nasi Gurih dan Ayam Tumis Sayuran.

Bahan-bahan:
200 gram beras putih
125 ml kaldu ayam
500 ml air
1 sdm minyak kacang
750 gram paha ayam fillet, iris tipis
1 bh bawang bombay ukuran besar, iris tipis
1 bh paprika merah besar, iris tipis
2 batang seledri, iris tipis
200 gram buncis, potong menjadi dua
1 bh cabai merah besar, iris tipis
30 gram tumisan daging ayam atau daging sapi cincang (opsional)
2 batang daun bawang, iris tipis
1 sdm biji wijen, sangrai
Garam dan merica secukupnya

Cara membuat:
Campurkan beras, 375 ml air dan kaldu ayam dalam panci sedang dalam panci di atas api besar, didihkan. Kecilkan api sedikit, masak, dan tutup selama 10 menit atau sampai air dan kaldu meresap dan nasi matang.

Panaskan minyak dalam wajan atau penggorengan besar di atas api besar. Tumis ayam selama 2 menit atau sampai berwarna kecoklatan, sisihkan.

Tumis bawang bombay selama 3 menit atau hingga bawang layu, kemudian paprika, seledri, buncis dan cabai, tumis selama 2 menit. Tambahkan tumisan daging cincang dan 125 ml air, kecilkan api, tutup dan biarkan mendidih selama 10 menit. Tambahkan kembali tumisan ayam, bumbui dengan garam dan merica, aduk rata.

Siapkan nasi gurih dalam piring saji, tambahkan ayam tumis di atasnya dan sajikan dengan taburan daun bawang dan biji wijen. (tdy; Diandra Caesarlita; https://lifestyle.sindonews.com/read/1218210/185/menu-praktis-santap-siang-nasi-gurih-dan-ayam-tumis-sayuran-1499253807)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close