Kesehatan

Tidur dengan sisa make up dan risiko pada kulit dan mata

Jakarta-Karena lelah, seringkali wanita tidur begitu sampai di rumah tanpa membersihkan kosmetik di wajahnya lebih dulu. Kebiasaan ini jika dilakukan terlalu sering efeknya bisa mengganggu kesehatan.

Seperti disampaikan Eric Schweiger dan Erin Gilbert dari Clear Clinic, New York, sering tidur dengan sisa kosmetik yang masih menempel di wajah dapat merusak kesehatan wajah dan mata.

“Tidur dengan menggunakan kosmetik dapat meningkatkan paparan radikal bebas pada kulit. Radikal bebas ini menyebabkan kerusakan kolagen, sehingga menimbulkan garis2 halus pada kulit,” ujar Schweiger, dikutip dari Huffington Post (7/6/16).

Sisa kosmetik yang tak dibersihkan tuntas juga menyumbat pori2 saat Anda tidur, sehingga memicu perkembangan jerawat. Schweiger menambahkan, efek negatif ini mungkin tidak langsung jika kebiasaan ini dilakukan 1-2 malam. Jika kondisi ini dilakukan tiap malam dan sering, maka efek buruk yang muncul tidak akan diragukan lagi.

“Setiap hari pasti ada pemicu stres, ditambah dengan penumpukan sisa kosmetik maka Anda semakin tidak memberikan kulit kesempatan untuk ‘memulihkan diri’. Ini berpeluang menimbulkan penuaan dini pada kulit wajah,” imbuh Schweiger.

Khusus untuk kosmetik mata seperti maskara dan eyeliner, efek yang muncul juga tak kalah berbahaya. Schweiger menjelaskan, tidur dengan kosmetik mata yang masih menempel dapat menimbulkan iritasi pada mata.

“Sering tidur dengan kosmetik mata yang menempel mengakibatkan penyumbatan folikel rambut kecil dan kelenjar minyak pada kelopak mata. Ketika tersumbat, bakteri dapat masuk dan menyebabkan peradangan”. (ajg/vit; Ajeng Anastia Kinanti; https://health.detik.com/read/2016/06/07/140622/3227286/763/sering-tidur-dengan-sisa-make-up-di-wajah-ini-efeknya-bagi-kulit-dan-mata)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close