Wisata dan Kuliner

Wisata populer di Banyuwangi(8/10)-Taman Nasional Alas Purwo

Ada dua taman nasional di Banyuwangi, yaitu Taman Nasional (TN) Meru Betiri dan TN Alas Purwo. Tak kalah dengan TN Baluran, kedua taman ini juga memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Taman Nasional Alas Purwo berada di kawasan Tegaldilmo, sekitar tiga jam dari pusat kota Banyuwangi.

Untuk bisa berkeliling, wisatawan harus membayar tiket seharga Rp5.000 per orang untuk wisatawan domestik dan Rp150 ribu per orang untuk wisatawan mancanegara. Biaya untuk penelitian mulai dari Rp100 ribu sampai Rp15 juta per orang.

Perlu diketahui sebelumnya, kalau jalanan di sepanjang taman nasional tidak semuanya beraspal, demi menjaga kelestarian alamnya. Jadi walau jarak antar satu tempat berdekatan, namun terasa jauh, karena jalanannya yang masih berbatu.

Sebelum sampai ke gerbang, wisatawan akan disambut dengan perkebunan Pohon Jati dan Pohon Mahoni milik Perhutani. Ada banyak objek wisata di Taman Nasional Alas Purwo. Yang paling populer ialah savana dan Pantai Plengkung.

Di savana, wisatawan bisa melihat fauna khas beraktivitas, mulai dari babi hutan, ajag (sejenis serigala), kijang, rusa, banteng, sampai macan tutul. Hampir mirip seperti di Afrika. Sedangkan di Pantai Plengkung wisatawan bisa melakukan kegiatan berselancar.

 

Hanya peselancar profesional yang rasanya pas bermain di sini, karena besarnya ombak yang dahsyat, disebut terbaik setelah Hawaii. Untuk bisa sampai, wisatawan harus kembali menempuh perjalanan kurang lebih selama satu jam setelah menyewa mobil 4×4 dari Pos Pancur.

Tidak hanya dari Banyuwangi, wisatawan yang datang dari Bali bisa ke Pantai Plengkung dengan menumpang kapal cepat. Sesampainya di sana, wisatawan bisa memilih tempat berselancar. Kalau ingin menginap, bisa memilih satu dari tiga penginapan yang tersedia dalam Area Pengembangan Komersial.  (Ardita Mustapa; http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170618200237-269-222623/sepuluh-objek-wisata-populer-di-banyuwangi/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close