Islam

Peradaban Islam dan IPTEK

Sejarah mencatat, umat Islam pernah berperan penting menumbuhkan peradaban dan iptek. Islam pernah jadi super power (adi kuasa) atas 2/3 belahan dunia dalam kurun ± 7 abad. Masa itu umat Islam membangun pusat2 kegiatan pendidikan, peribadatan, perekonomian, pertanian, arsitektur dsb.

 

Semua tercatat dalam sejarah maju mundurnya ummat. Sebagian dari peninggalan itu kita saksikan berbentuk2 bangunan fisik : Masjid2, perpustakaan, lembaga pendidikan dsb. Berikut uraiannya.

 

A-Filsafat Islam. Pengertian dan Manfaatnya.

Filsafat asal Yunani : Gabungan  kata Philo (cinta), dan Sofia (bijaksana), atau ilmu yang mendalam. Jadi dilihat dari akar kata, filsafat artinya ingin tahu mendalam atau cinta pada kebijaksanaan. Filsafat dari segi Istilah : Berfikir sistematis, radikal dan universal, untuk mengetahui hakikat segala yang ada.

 

Seperti hakikat2 : Alam, manusia, masyarakat, ilmu, pendidikan dsb. Pengertian Islam, diartikan selamat sentausa, berserah diri, patuh, tunduk dan ta’at. Sikap itu disebut muslim, yang ta’at, menyerah diri, patuh pada Allah SWT

 

B-Fiqih, Pengertian dan Manfaat Fiqh Islam.

Fiqh (= tahu atau paham). Menurut istilah syariat : Ilmu tentang hukum2 syari’at dari dalil2 tafsir, terperinci. Fiqh bermanfaat mengatur ketertiban hidup. Ini diatur karena kehidupan bahagia di akhirat nanti ditentukan corak kehidupan di dunia.  Hidup yang baik menghendaki masyarakat teratur.

 

Islam, mengatur kehidupan melalui Fiqh : Mengenai ekonomi, perceraian, waris, jual-beli, sewa-menyewa, pinjam-meminjam, perserikatan, hidup kenegaraan, kejahatan dsb. Hukum fiqh mengatur hubungan2 manusia-Allah dan hubungan manusia dan manusia  dari wahyu Al Qur’an dan Sunnah Rasul.

 

Jika ke-2 sumber ini tak ada, maka digali berdasar ijtihad yang tak menyimpang dari Al Qur’an-Sunnah. Atau pakai sesuatu ini dianjurkan Islam. Jadi gunakan akal pikiran, sanubari yang diperintahkan Islam.

 

C-Tasawuf. Pengertian dan Manfaat Tasawuf.

Tasawuf (asal shafa/bersih. Bersih : hati, pikiran, ucapan, dan tidak tercela di hadapan Allah SWT. Pendapat beda, tasawuf diambil dari suf, (kain dari bulu dan Wool). Woll kasar lambang kesederhanaan.

 

Tasawuf dari istilah : Ilmu tata cara dan proses pensucian diri dari sifat tercela, berhubungan rohaniah dengan Allah, melalui disiplin rohani seperti bertaubat, zuhud (menjauhi pengaruh dunia), wara’ (menghindari diri dari yang haram dan syubhat), sabar, tawakal, dan rela (ridha) atas ketetapanNya.

 

Ayat2 Al Qur’an dan Hadits menganjurkan agar kita bertaubat, zuhud, ikhlas, sabar, tawakal dan ridha. Semua itu dari kesucian diri. Kesucian ini kunci kebahagiaan. Firman Allah SWT: ”Berbahagialah yang membersihkan diri dan ingat Allah lalu dia Sholat”.

 

D-Kedokteran. Pengertian dan Manfaat Kedokteran.

Ilmu Kedokteran itu cara memelihara tubuh tetap sehat dengan cara penanggulangan, dan penyembuhan penyakit, dengan mendiagnosa dan mengobati. Jadi meliputi preventif dan kuratif. Islam menganjurkan tiap orang menjaga kesehatan dengan makan-minum benar, bergizi seimbang. Juga beristirahat dan tidak membebani tubuh di luar batas kesanggupannya,ber-OR, berpakaian bersih

 

Termasuk, lingkungan rapi-bersih, dan berobat jika sakit. Orang mukmin kuat dan sehat lebih disukai Allah dari yang lemah dan sakit2an. Tokoh2 Muslim ahli kesehatan  diantaranya Hunain Ibnu Ishaq (809-84 M), Abu Bakar Muhammad Ibnu Zakariya Ar Razi (866-311 M).

 

Bukunya Al Hawi (menyeluruh) dianggap buku induk Kedokteran. Dia penemu seton (tampal luka). Ia pertama kali mengobati khas dengan pemanasan syaraf, pengobatan pening, dan hypertensi.

 

E-Sejarah . Pengertian dan Manfaat.

Sejarah, mempelajari peristiwa2 masa lampau: Waktu dan tempat peristiwa, pelakunya, sebab, dsb disusun sistematik. Dengan sejarah kita dapat ambil pelajaran2 untuk bekal kehidupan di masa datang.

 

Sejarah berguna mengenalkan pada generasi berikutnya, hingga ia tidak kehilangan arah dan pedoman dalam kehidupan. Di Al Qur’an banyak ayat2 tentang  peristiwa masa lalu.

 

F-Geografi. Pengertian dan manfaat.

Geografi, ilmu tentang keadaan daerah dan ciri2nya, sehingga daerah itu dikenal : Penduduknya, iklim, potensi alam dsb. Ilmu ini berguna bagi perancang pembangunan, penanam modal di sektor ekonomi dll. Al Qur’an mengundang manusia menjelajah bumi dan menyaksikan yang mengingkari perintahNya:

 

E-Geometri. Pengertian dan Manfaatnya.

Geometri ilmu sifat2 garis, sudut, bidang dan ruang. Ini berguna bagi perancang bangunan gedung2 megah, istana, masjid, jembatan dsb agar berdiri kokoh tahan lama. Tokoh2 Muslim Geometri, M. Ibnu Musa Al Khawarizmi lahir di Khawarzm, Uzbekistan 194 H/780 M dan wafat 266 H/850 M di Bagdad.

 

Bukunya Al Jabr Wal Muqaba (Pengetahuan Kembali dan Perbandingan) ini mendorong ilmu pasti di Eropa. Dari sana asal algebra (bahasa Eropa). Algorisme asal AlKhaarizmi itu. Buku Algorisme disusun juga ke bahasa latin “Liber Algoritum”. Buku itu mengenalkan angka2 Arab dan sistem persepuluhan.

 

F-Kesenian. Batasan Seni dalam Islam.

Seni itu kecakapan batin (akal) dan halus, lembut, indah, dan ekspresi jiwa terdalam, sehingga suasana sejuk dan menentramkan batin. Peran Seni di Kehidupan:

 

Semua aspek ada unsur seni (keindahan kehalusan)., sehingga hidup jadi indah, tak membosankan. Jika kita  bosan dapat berbahaya, karena hidup tidak indah-nyaman. Sehingga orang2 cari tempat / suasana lebih menyenangkan, misal : Rekreasi, ke pantai tempat hiburan, hotel dsb.

 

Tata letak isi rumah misalnya perlu ditata artistik, hingga tak membosankan. Karya2 seni kaum muslimin bisa dilihat : Bangunan istana2 raja, masjid2, terutama kubah dan menaranya, perabot rumah tangga, pakaian raja2, buku2 yang tebal, taman2 peristirahatan raja2 dsb.

 

Menara2 masjid berpotongan kecil ramping, padahal doelooe gak ada beton bertulangbesi. Menara tertinggi 84 mt, seperti masjid Sultan Hasan di Mesir. Panjang masjid ini  345mt, lebar 327 mt. Di tengahnya ada mancur. Pintu kiri terbuat dari pualam hitam-putih menuju madrasah dengan 365 ruang.

 

Semua karya seni umat Islam itu menggunakan ragam hias ilmu ukur bidang, tumbuh2an dan aksara Arab kutipan ayat Al Qur’an berbentuk huruf (khat) yang hidup, menuangkan rasa seni dalam mengabdi pada Allah SWT.

 

G-Rangkuman.

Disimpulkan, umat Islam mewariskan peradaban dan IPTEK tinggi. Doeloe Filsafat Islam menjelaskan hakikat segala hal dalam mendorong berkembangnya ilmu2 lain seperti fiqih, ilmu kalam, tafsir dsb.

 

Peninggalan lain di bidang fiqih yang berguna bagi terwujudnya masyarakat yang tertib dan damai. Fiqih mendapat kedudukan istimewa di kalangan umat sebab berhubungan dengan pengaturan hubungan antara manusia dengan Allah dan dengan sesama manusia lainnya. (Ir. Sugiyanto Nasirun/551863)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close