Aku cinta Indonesia

Tidak hanya Matematik-Jenguk kawan Bisa Jadi PR Siswa

Jakarta-Siswa masih akrab dengan PR (pekerjaan ruma) dari guru. Namun, selama ini siswa diberikan PR berupa materi pelajaran. Presiden Joko Widodo mengatakan pendidikan anak tidak hanya di ruang kelas. Tapi juga bisa dilakukan di luar sekolah dengan hal2 yang berkaitan dengan jiwa kemuliaan.

“PR tidak hanya soal matematika,” kata Presiden pada Rakor Pimnas 2017 PGRI di Hotel Sahid Jaya, Babarsari, Sleman, DIY (22/7/17). Acara ini dihadiri ribuan guru. Kepada mereka, Jokowi minta guru juga memberi PR ke anak didiknya tentang jiwa sosial. Menurutnya, menjenguk orang sakit, kerja bakti di kampung atau memberi makan kepada tetangga juga dapat menjadi PR anak didik.

“Misal tengok tetangga sakit, itu PR-nya, menengok kawannya yang sakit. Kerja bakti di kampung, anak2 kita suruh ikut. Ambil gambarnya berikan pada bapak / ibu guru. Bisa diberikan” ujarnya. Menurut Jokowi, pemberian PR hal2 sosial itu pendidikan karakter yang lama dilupakan. Karena itu, Presiden minta anak2 didik diisi dengan jiwa2 yang baik dan mulia.

Jokowi juga minta guru menanamkan pendidikan karakter. Sebab, pendidikan karakter penting untuk pembentukan etos kerja, kejujuran, integritas, semangat pantang menyerah, dan kerja keras.
(jbr/jbr; Edzan Raharjo; http://detik.id/V20fDB)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close