Psikologi

Kebiasaan Ortu berakibat perilaku anak tidak baik(17/17)

35-Mengumpan anak yang rewel

Saat anak marah-merengek-menangis, minta paksa sesuatu, biasanya dialihkan perhatiannya ke hal lain. Agar anak tidak merengek. Tapi terjadi sebaliknya, rengekan makin men-jadi2. Contoh, anak menangis minta mainan, Kita berusaha mendiamkan, mengalihkan perhatiannya seperti :

 

” Tuh lihat ada kakak berbaju warna apa”atau” Lihat ini, gambar apa ya lucu?” Ingat, saat anak fokus pada yang diinginkan, ia memancing emosi kita dan emosinya jadi sensitif. Anak kita umumnya  cerdas. Ia tak ingin dialihkan ke hal lain jika belum sepakat penyelesaiannya.

 

Katakan langsung yang kita inginkan, Seperti “Papa/Mama belum bisa belikan mainan itu.Menabung lah dulu. Nanti Papa/Mama ajari cara menabung. Bila terus merengak kita tak jadi jalan2 dan pulang.” Jika anak tetap merengek, pulanglah meski belanja belum selesai. Jangan se-kali2 menunda mendidik anak.

 

  1. Televisi sebagai agen pendidikan anak

Perilaku anak terbentuk karena 4 hal:

a-Berdasar pada siapa yang lebih dulu mengajarkan padanya: kita atau TV?

b-Siapa yang dia percaya: apakah anak percaya pada kata2 kita atau ketepatan waktu program TV?

 

c-Siapa lebih menyenangkan: Menasehati atau program2 TV yang lebih menyenangkan?

d-Siapa yang sering menemaninya: kita atau TV?

 

Jadi yang seharusnya kita lakukan:

>Bangun komunikasi dengan mengevaluasi 4 hal yang jadi faktor pembentuk perilaku anak.

>Mengganti dengan kegiatan di rumah atau di luar rumah yang padat bagi anak2.

 

>Ganti program TV dengan film2 pengetahuan yang mendidik dan menantang mulai Kartun hingga CD dalam bentuk permainan edukatif.

 

37-Mengajari anak untuk membalas

Anak2 ada yang cenderung suka memukul dan jadi objek penderita dengan lebih banyak menerima pukulan dari sebayanya. Sebagian ortu tidak sabar melihat anak kita disakiti dan memprovokasi anak agar membalasnya.

 

Ini tak langsung mengajari anak balas dendam. Saat itu emosi anak sensitif dan apa yang kita ajarkan saat itu akan membekas. Jangan kaget bila anak kita sering membalas atau membalikkan apa yang kita sampaikan padanya. Apa yang sebaiknya kita lakukan?:

 

a-Ajarkan anak untuk menghindari teman2 yang suka menyakiti.

b-Sampaikan pada ortunya, anak kita sering diperlakuan buruk dari anaknya.

c-Ajak ortu anak yang suka memukul untuk mengikuti program parenting di radio atau media lain. Tamat…….; (Tjokroaminoto360);

 

Anda ingin lebih detail, berikut sumbernya : (https://tjokroaminoto360.wordpress.com/2010/08/29/37-kebiasaan-orang-tua-yang-menghasilkan-perilaku-buruk-pada-anak/)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close