KesehatanPsikologi

Menjaga agar tak mudah gagal ginjal

Jakarta-Gagal ginjal yang dialami saat usia senja bukan terjadi begitu saja. Butuh waktu ber-tahun2 mengakumulasikan dampak kegiatan tak sehat bagi ginjal. Sebelum terlambat, yuk menjaga diri agar ber-tahun2 mendatang ginjal kita tetap sehat. Caranya? Simak saran dokter berikut ini:

 

1-Dekat air putih

Bagi Kita se-hari2 kerja di kantor, selain menghadapi laptop di meja kerja, ada baiknya juga menghadapi air putih. Ya, jadikan dekat dengan air putih sebagai bagian dari kebiasaan.

Menurut dr Akbari Wahyudi Kusumah, SpU dari RS Mayapada Lebak Bulus, Jaksel, minum air putih 2 liter setiap hari akan membantu kerja ginjal. Beda halnya dengan yang sudah mengalami gagal ginjal, asupan air tidak boleh terlalu banyak, di mana maksimal hanya 700 cc saja.

Minum cukup air penting apapun kondisi cuacanya. Meskipun hari sedang dingin sekalipun atau Kamu seharian berada di ruangan ber-AC, tubuh tetap membutuhkan pasokan air yang cukup.

 

2-Medical Check up secara berkala
dr Akbari menyarankan untuk lakukan medical check-up secara berkala, setidaknya setahun sekali. Dengan kegiatan ini, bisa dilihat organ tubuh masih berfungsi dengan baik atau adakah indikasi penyakit tertentu.

“Kita tidak tahu sampai mana batas badan kita, oke atau tidak. Biar tahu tentu medical check-up,” imbuh dr Akbari. Sering dr Akbari mendapati pasien kondisinya parah. Menurut pengakuan pasien, mereka sebelumnya enggan melakukan medical check up berkala karena takut ketahuan penyakitnya.

“Padahal kalau ketahuan sejak dini kan bisa langsung diobati. Peluang sembuh bisa lebih cepat dan lebih besar,” sambung dokter berkacamata ini.

 

3-Jauhi rokok dan gaya hidup tak sehat lainnya

Rokok sudah lama diketahui bisa menyebabkan masalah kesehatan. Asapnya yang masuk ke tubuh secara langsung bisa menjadi racun yang menumpuk dan suatu hari nanti bisa membahayakan organ tubuh, tak terkecuali menambah berat kerja ginjal.

Selain itu, makanan yang diasup hendaknya kaya gizi dan nutrisi. Sebab jika kebanyakan makan junk food, yang ada akan semakin banyak ‘sampah’ di tubuh sehingga lagi-lagi menambah berat kerja ginjal. Jangan lupa juga olahraga yang teratur.

 

4-Saat lembur, tubuh dijaga dengan baik

Karena beban kerja, ada kalanya kita harus lembur, masih berkutat dengan pekerjaan hingga tengah malam. dr Akbari berpesan saat lembur jangan meminum penambah tenaga secara berlebihan. Ada baiknya tidur dulu sesaat sebelum kembali menggeluti pekerjaan yang menumpuk.

“Mau minum kopi boleh-boleh saja agar tetap melek. Tapi jangan terlalu banyak. Jangan lupa juga meski sudah minum kopi, tetap minum air putih yang dua liter itu,” saran dr Akbari. (Nurvita Indarini; https://health.detik.com/read/2017/03/29/093248/3458993/763/cara-menjaga-diri-agar-tak-mudah-mengalami-gagal-ginjal?l992204755)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close