Kesehatan

Nangka Buah Manis Ampuh Bunuh Sel Kanker

(lifestyle.okezone.com)-Nangka, buah berasal dari tanah tropis. Buah yang bernama lain Artocarpus heterophyllus itu berasa khas dan dapat digunakan sebagai bahan campuran berbagai makanan. Selain itu nangka juga buah yang kaya akan manfaat, salah satunya sebagai alat pembunuh kanker.

 

Kanker salah satu penyakit yang paling mematikan di dunia setelah jantung dan stroke. Namun, kanker dapat dicegah dengan mengonsumsi nangka. Dilansir dari edzardernst.com dalam nangka ada zat-zat pencegah kanker seperti lignan, saponin, dan isoflavone, yang bersifat antikanker, antihipertensei, anti ulkus, antioksidan, juga sifat anti penuaan.

 

Lignan adalah fitoestrogen selektif jaringan yang berefek anti estronenik pada jaringan reproduksi yang bermanfaat mencegah kanker payudara, kanker rahim, kanker ovarium, selain itu lignan membantu menjaga kepadatan tulang.

 

Saponin, jenis senyawa kimia yang banyak terdapat pada spesies2 tumbuhan, termasuk nangka. Selain itu saponin dapat membunuh sel kanker dengan langsung mengikat sel serta meningkatkan aktivitas sel darah putih dan mencegah diferensasi dan proliferasi.

 

Untuk mencegah kangker payudaya, ada zat dalam nangka yang berguna untuk pencegahan. Isoflavon terbukti ampuh mengurangi risiko kanker payudara. Dalam penelitian yang dituliskan The American Journal of Clinical Nutrition, pada 2012 tim peneliti AS dan China melakukan penelitian mengenai manfaat isoflavon pada penderita kanker payudara.

 

Pada penelitian itu isoflavon yang digunakan adalah yang terkandung dalam kedelai. Hasilnya mereka menemukan isoflavon dapat menurunkan risiko kanker payudara, Juga menurunkan tingkat kematian akibat dari kanker payudara, walaupun tidak signifikan.

 

Zat lain yang terkandung di buah ini adalah flavonoid, dan polifenol yang mampu menurunkan tekanan darah, melawan tukak lambung, meningkatkan metabolisme, mendukung fungsi saraf, dan berperan dalam sintesis hormon. Selain itu nangka juga mengandung polisakarida yang meningkatkan kekebalan dengan berinteraksi dengan sel darah putih.

 

Selain daging buahnya bermanfaat untuk kanker, bagian pohon nangka tak kalah bermanfaat. Contoh seperti bunganya yang dapat membantu menghentikan pendarahan pada luka terbuka, mencegah infestasi kurap serta mencegah keretakan pada kaki yang kering.

 

Akar nangka, juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit kulit, asma, serta diare. (hel; Iqbal Dwi Purnama; Bahan dari : https://lifestyle.okezone.com/read/2019/05/24/481/2059997/nangka-buah-manis-yang-ampuh-bunuh-sel-kanker)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close