Kesehatan

Tatap Gawai Lama membuat kulit wajah cepat tua

(lifestyle.kompas.com)-Anda sering menatap ponsel? Atau termasuk orang yang gemar menonton dan mengerjakan kerjaan lama di depan laptop? Jika iya, maka ada kabar buruknya : Cahaya yang dipancar dari gawai dapat mempercepat penuaan kulit wajah.

 

Cahaya itu energi tinggi bagian alami dari sinar matahari, namun juga dipancarkan dari perangkat gawai se-hari2. Meski tak seperti sinar UVA dan UVB yang menyebabkan kanker kulit;  cahaya ini berefek pada wajah. Menurut penelitian, terlalu banyak terpapar cahaya berenergi tinggi, mempercepat penuaan.

 

Riset pada 9 orang yang dipublikasikan di jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity menemukan, karotenoid pada kulit menurun ketika terpapar sinar itu. Karotenoid membantu memberi warna pada kulit. Kekurangan pigmen organik itu dapat menyebabkan bintik2 penuaan dan perubahan warna.

 

Sweta Rai, Jurubicara British Association of Dermatologists mengatakan penelitian ini tidak menemukan penuaan yang pasti terkait paparan cahaya dari layar gawai. Penelitian ini menemukan, cahaya dari gawai menyebabkan pigmentasi, yang menciptakan ilusi penuaan. “Tidak ada percobaan yang menunjukkan cahaya berenergi tinggi itu bisa menyebabkan penuaan,” katanya.

 

Paparan cahaya berlebih dari layar gawai menyebabkan masalah2 pigmentasi. Paparan ini dapat memberi penampilan wajah yang tak sesuai dengan usia, seperti kulit lebih gelap. Dia mencontohkan keberadaan tanda cokelat di wajah yang selama ini disebut karena paparan sinar matahari.

 

Ada  fakta bahwa cahaya bernergi tinggi dari gawai menembus lebih dalam ke kulit dibanding dengan sinar UV. “Dan itu sedang dipelajari saat ini mengenai efek sampingnya,” ungkap Rai. Di sisi lain, cahaya dengan energi tinggi bisa bermanfaat bagi kulit.

 

Beberapa perangkat pengobatan menggunakan cahaya tingkat rendah untuk mengobati kondisi kulit seperti jerawat. Jadi, Kita tak perlu menyingkirkan ponsel. Tapi, kalau khawatir dengan penuaan, tidak ada salahnya mengurangi waktu bermain gawai dan mengenakan krim anti-penuaan.

(Artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul “Menatap Gawai Terlalu Lama Bikin Kulit Wajah Cepat Tua, Benarkah? “, Penulis : Kahfi Dirga Cahya; Editor : Glori K. Wadrianto; Bahan dari :  http://lifestyle.kompas.com/read/2018/02/13/100000420/menatap-gawai-terlalu-lama-bikin-kulit-wajah-cepat-tua-benarkah-. )-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close