Iptek dan Lingk. Hidup

Startup tumbuh 68x

Tempo.co, Jakarta-Hasil penelitian Google dan AT Kearney investasi pada perusahaan Startup tumbuh 68x lipat dalam 5 tahun terakhir. Ini menunjukkan kepercayaan investor meningkat pada pasar startup.

“Bahwa perkembangan Ventura Capital (VC) di Indonesia ini eksplosif” kata Sales Operations & Strategy Lead Google Mifza Muzayan. Menurutnya tak banyak negara yang tumbuh seperti ini, industri apapun itu. Mifza memprediksi outlook di Indonesia dalam 1-2 tahun ke depan sangat positif.

 

Investasi itu dari US$ 1,4M (2016) melesat jadi US$ 3,0M di bulan ke 8 / 2017. “Kita lihat momentum investasi startup telah naik 2x lipat dari 2016. Laporan ini bermanfaat dan kami harap ini membantu meningkatkan investasi pada ekosistem startup lebih jauh” kata Managing Director Google Indonesia Tony Keusgen.

Riset “Indonesia Venture Capital Outlook 2017” dari Mei – Agustus 2017 menunjukkan lanskap startup di Indonesia di tahap awal tapi maju pesat, utamanya kategori e-commerce dan transportasi.

Investor2 modal ventura percaya peluang investasi Indonesia, menilik dari kemajuan ekonomi negara, jumlah kelas menengah meningkat, dan banyaknya populasi anak muda yang melek teknologi. Sektor fintech dan kesehatan muncul sebagai kategori teratas untuk investasi masa depan.

“Kami terkejut lihat antusias VC2. Potensi pasarnya meningkat juga kebutuhan developer2” kata Partner AT Kearney Alessandro Gazzini. Pihak VC yang diwawancarai ¬†menyorot 4 area utama yang dapat dilakukan mempercepat kemajuan ekosistem startup: pengembangan SDM, insentif perpajakan, opsi pendanaan, dan kemudahan memfasilitasi start-up.

Hasil analisa mendalam tentang lanskap Ventura Capital dan aliran investasi, dan wawancara langsung dengan lebih dari 25 VC lokal dan luar negeri, penelitian ini untuk memahami pandangan investor dan prioritasnya di Indonesia. Penelitian ini direncana jadi publikasi tahunan. (HENDARTYO HANGGI)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://m.tempo.co/read/news/2017/09/19/089910592/investasi-startup-indonesia-tumbuh-68-kali-lipat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close