Kesehatan

Alasan lain penyebab payudara nyeri

Merdeka.com-Saat payudara terasa nyeri, muncul pikiran negatif akan tumbuh sel kanker di payudara. Padahal payudara nyeri tak selalu karena kanker. Ada penyebab2 lain yang membuat payudara nyeri atau ngilu. Dilansir dari boldsky.com, ini dia beberapa penyebabnya.
Hamil :
Nyeri payudara, payudara berubah bengkak, atau teksturnya melembut adalah tanda awal dari kehamilan. Sebab kehamilan mengakibatkan perubahan hormonal dan tingkat estrogen meningkat yang membuat payudara lebih sensitif dan terasa nyeri.

 

Ukuran Bra tidak tepat : Bra dengan ukuran yang tidak tepat mampu membuat payudara jadi nyeri.

 

Olah raga berlebihan : Olahraga berlebihan membuat munculnya banyak tekanan di dada dan hal ini bisa membuat payudaramu jadi nyeri.

 

Infeksi payudara : Kelenjar air susu yang bermasalah, kelenjar keringat tersumbat, dan penyakit bisa membuat payudara infeksi. Infeksi ini ditandai munculnya bercak kemerahan, bengkak, dan nyeri.

 

Konsumsi pil KB : Setiap obat yang mengubah hormon, termasuk pil KB, berpotensi menyebabkan nyeri payudara dan efek samping lainnya.

 

Menyusui : Selain karena hamil, perubahan payudara yang terjadi saat kamu menyusui juga bisa membuat payudaramu terasa nyeri.

 

Trauma payudara : Trauma payudara macam2 dan sebabnya. Mulai dari tak sengaja terpukul, prosedur operasi, atau memakai baju terlalu ketat. Semuanya bisa membangkitkan rasa nyeri di payudara.

 

PMS : Perubahan hormonal yang terjadi saat menstruasi juga bisa membuat payudara terasa nyeri. Hal ini merupakan bagian dari respon tubuh dari perubahan hormonal yang ada.

 

Konsumsi Kopi terlalu banyak : Penelitian menunjukkan saat terlalu banyak minum kopi yang mengandung kafein maka muncul ketidaknyamanan di payudara. Ini alasan yang membuat payudaramu nyeri. (feb; Febrianti Diah Kusumaningrum)

 

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/sehat/bukan-kanker-ini-9-sebab-lain-yang-bikin-payudaramu-terasa-nyeri.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close