Psikologi

Jadilah Manusia Pembelajar

Belajar adalah proses untuk meningkatkan derajat kehidupan. Orang yang berhenti belajar, hanya jadi pemilik masa lalu. Orang yang bersemangat terus belajar, Insya Allah jadi pemilik masa depan.  Hidup  terasa indah  jika kita meraih sukses, jadi orang saleh, dan banyak berbuat kebaikan.

Sukses tidak cukup dilihat dari aspek duniawi, tapi juga aspek ukhrawi.  Sukses dunia dan sukses akhirat tidak dapat dipisah. Satu sama lain  bagai sisi mata uang, jadi tidak  bermakna bila salah satu sisinya hilang. Perhatikan betapa dekatnya hubungan keengganan belajar dan kelemahan hidup yang mendera.

Hidup itu proses pembelajaran agar kita bersikap lebih dewasa dan itu hanya bisa diperoleh pada situasi yang tidak sesuai dengan harapan. Bukan  saat kita berada di zona nyaman. Jadilah manusia pembelajar, selalu bersyukur, dan mau ambil hikmah dari tiap peristiwa yang pernah terjadi.

Mau belajar sabar? Anda pasti dipertemukan orang2 keras kepala. Mau belajar memaafkan? Nanti Anda dipertemukan orang2 yang tega menyakiti. Mau belajar memberi? Sebentar lagi Anda akan dihadapkan pada orang2 yang berkekurangan. Mau belajar rendah hati? Tunggu, akan datang orang2 menghina.

Kabar buruknya, hidup ini tidak akan ada yang sempurna. Sedang kabar baiknya, kita tak perlu hidup  sempurna untuk menikmatinya. Apapun yang kita hadapi, itu proses agar diri kita bisa menjadi lebih baik. (Bandung, 18 Agustus 2017; Muchtar A.F; www.startc.co; FB, IG & YouTube: Muchtar A.F)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close