Islam

Masjid berkubah warna warni seperti Kremlin di Yogya

Masjid kini tidak hanya tempat ibadah sebagai rumah Allah. Belakangan keindahan dan arsitekturnya makin menawan; Marilah kita intip seperti dijelaskan ioleh Merdeka.com :  Di Jalan Yogyakarta-Solo Km 15 bisa ditemukan masjid berarsitektur unik. Kubahnya warna-warni mirip bangunan di negeri dongeng.

 

Masjid unik dengan 9 buah kubah warna-warni ini bernama Masjid An-Nurumi. Menurut Bendahara Takmir Masjid An-Nurumi Slamet Budiono Jarod, masjid dibangun (2005) awalnya ide pengusaha Hajjah Umi Nursalim. Dia baru beribadah haji dari Tanah Suci. Ketika pulang, dia singgah di Eropa Timur. Salah satunya Kremlin, Rusia.

“Terinspirasi bangunan masjid di Kremlin, dia minta izin membangun mesjid seperti itu” ungkap Jarod ke merdeka.com baru. Hajjah Umi Nursalim berinisitif memulai pembangunan masjid. Masjid An-Nurumi butuh waktu pembangunan 2 tahun. Di tahun 2007, Masjid berkubah 9 gaya Kremlin ini diresmikan Gubernur DIY Sri Sultan HB X.

 

“Masjid ini biasa, kubahnya 9. Menurut kesepakatan itu mengenang bahwa Islam disiarkan 9 wali, makanya kubahnya 9”. Luas bangunan tidak besar. Untuk salat Jumat bisa tampung 200 jemaah. Didominasi warna putih luar dan di dalam masjid. Satu kubah dominan warna kuning dan biru tertinggi 26,5 mt. Delapan lainnya 6 mt lebih pendek berwarna hijau dan merah.

Selain unik di kubah, Masjid ini punya keunikan lain. Jika melongok ke dalam, jemaah akan melihat lima lubang memanjang ke atas bekas dari kubah itu. Di dalam lubang itu ada gambar2 ornamen kaligrafi bertulis Asmaul-Khusna atau 99 nama2 Allah. “Yang membuat kaligrafi 5 anak panti asuhan dari Temanggung” tutur Jarod.

Berada di pinggir jalan utama penghubung Yogyakarta – Solo, tak pelak membuat Masjid ini jadi jujukan warga yang mau salat. Mereka juga ambil gambar di depan masjid karena tertarik bentuk arsitekturnya. Jamaah salat tidak hanya tamu dari luar daerah DIY namun beberapa berasal dari luar negeri.

“Ada dari Malaysia, Turki dan Australia. Katanya masjidnya unik dan warna-warni”. (Cob; Purnomo Edi)

Monggo lengkapnya klik aja :  (https://www.merdeka.com/peristiwa/yogyakarta-punya-masjid-berkubah-warna-warni-mirip-kremlin.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close