Selingan

Menteri Utama termiskis di India- Manik Sarkar

Kompas.com mewartakan bahwa Tak semua orang saat jadi pejabat memanfaatkan semua fasiltitas, kekuasaan, dan kesempatan memperkaya diri sendiri. Diantaranya Menteri utama negara bagian Tripura, Manik Sarkar yang dianggap sebagai pejabat termiskin di India.

 

Jabatan menteri utama jika di Indonesia sejajar dengan gubernur. Meski berkuasa sejak 1998, politisi berusia (69) ini nyaris tak punya kekayaan dan di rekening banknya hanya terdapat uang 2.410 rupee (Rp 507.000); Jumlah uang di rekening bank ini dilampirkan anggota Partai Komunis Marxis India (CPI-M) dalam surat pernyataan saat mendaftarkan diri untuk pemilihan setempat.

 

Selain uang tak seberapa, Manik melaporkan tanah miliknya 48 m2 di pinggiran ibu kota Agartala. Tanah yang tak seberapa luas ini milik pribadi Manik dan kakak perempuannya. Manik juga tak puny mobil pribadi, investasi atau aset. Dia tak memiliki telepon genggam, alamat email, dan tidak aktif di medsos.

 

“Manik menyumbangkan seluruh gajinya sebagai menteri utama 26.315 rupee (Rp 5,5 juta) untuk kas partai. Sebagai imbalan partai memberi tunjangan bulanan 9.700 rupee (Rp 2 juta) per bulan,” kata Ketua CPI-M Haripada Das.

 

“Kami meneladani hidup sederhana Manik. Istrinya, Panchali Bhattacharjee, tak pernah menggunakan mobil dinas. Dia pergi menggunakan becak atau transportasi umum,” tambah Das.

 

Sang istri pensiunan pegawai pemerintah pusat masih dapat penghasilan Rp 4 juta sebulan dan memiliki tabungan Rp 256 juta di bank. Bhattacharjee juga mewarisi aset tak bergerak berupa bangunan dan 20 gram perhiasan emas. Di Tripura pasangan yang tak memiliki anak ini tinggal di rumah dinas.

 

Gaya hidup sederhana Manik Sarkar ini tak hanya dikagumi kawan2nya. Para lawan politiknya juga tak segan memberi pujian. Di antara para politisi sayap kiri di India, Manik Sarkar salah seorang tokoh politik papan atas di negara bagian Tripura.

 

Negara bagian ini diperintah politisi sayap kiri sejak 1978, kecuali (1988-1993), ketika Partai Kongres dan sekutunya Partai Tripura Upajati Juba Samity berkuasa. (Ervan Hardoko; Gulf News; bahan dari  http://internasional.kompas.com/read/2018/02/01/15360711/manik-sarkar-menteri-utama-termiskin-di-india)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close