Selingan

Rasanya hidup di Negara dengan pemerintahan terbaik(6/6)

(bbc.com/Indonesia)-Sebagai akhir dari Serial ini disajikan Negara Cile

Meraih peringkat tinggi pemerintahan transparan, pengontrolan korupsi dan akses pendidikan dan kesehatan, Cile satu dari sedikit negara di Amerika Selatan yang stabil dan jauh dari kasus patgulipat.

 

“Meski anda dapat menyuap polisi atau politikus di negara Amerika Selatan lain, hal itu tidakbisa anda lakukan di Cile,” kata Peter Murphy Lewis, pemilik penyedia jasa perjalanan Chile Guru yang menetap di negara itu.

 

Orang asing mudah beli properti atau memulai usaha di Cile, dibanding negara lain. Proses izin bisnis itu memakan waktu beberapa hari. “Meski ada jenjang birokrasi, tidak begitu sulit melaluinya,” ujar Mat Newton, pendiri TourismTiger yang berstatus warga ibu kota Cile, Santiago.

 

Walau ekspatriat2 frustrasi pada proses keimigrasian yang lamban, ketika visa anda keluar, “hidup tidak sedemikian sukar,” kata Newton. Asuransi kesehatan di Cile murah dan efektif, namun Cile giat membangun infrasktruktur.

 

“Santiago dan Cile memiliki infrastruktur berkualitas, yang membuat kehidupan se-hari2 bebas dari kerepotan yang dikaitkan dengan warga di negara berkembang”. Newton merujuk pada tol dan akses terhadap air bersih serta listrik. Santiago punya taman publik terbesar dunia, seluas 4.046 m2, bernama Metropolitan Park, dan jalur sepeda yang telah dijelajahi pemusik legendaris, Paul McCartney.

 

Namun, meski Cile terbuka dan ramah pada orang asing, jenjang kelas masyarakat yang kaku biasanya menyulitkan pendatang masuk ke lingkaran pergaulan komunitas tertentu.

 

Lewis sarankan pendatang2 bergabung ke grup komunitas di FB sehingga mereka cepat berkenalan dengan warga lokal dan menemukan dokter atau penyedia jasa lain yang menguasai bahasa Inggris; (Lindsey Gallow;  Bahan dari :  (http://www.bbc.com/indonesia/vert-tra-42844512)-FatchurR; Tamat………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close