Selingan

Kawasan Pantai Kish Modern-Halal di Iran

(cnnindonesia.com/gaya-hidup)-Pantai Kish terletak di kawasan pesisir Iran. Tiap tahunnya, 1,8 juta wisatawan datang ke pantai ini. Wisatawan sebagian besar penduduk Teheran yang ingin melepas penat dari kesibukan ibu kota. Kish berjarak 200 km dari Dubai.

Dan Dubai, ibu kota negara teluk yang ditinggali banyak ekspatriat kaya, yang diharap jadi investor pulau Kish. “Bila Anda keluarga ekspatriat di Dubai namun mereka lelah ruwetnya hidup di sana, Kish ideal untuk liburan akhir pekan” kata konsultan investasi, Masoud Gilani, dikutip dari AFP Selasa (15/1).

Banyak bangunan di Kish yang modern. Hotel dan pusat perbelanjaan baru tumbuh di banyak lokasi. Di sini, hukum Islam tidak seketat seperti di tempat lain di Iran. Laki2 masih diperbolehkan mengenakan celana pendek dan jarang terlihat ada polisi syariat.

Namun, hukum Islam tetap berlaku, seperti tidak ada bar, kelab malam, penjualan menu beralkohol, serta pria dan wanita harus berada terpisah di pantai. Penerapan hukum agama itu tidak membuat investor ciut. “Banyak kegiatan bisa dilakukan di sini, dari diving sampai berperahu ke pulau2 kecil di sekitar. Semua aktivitas itu tak bertentangan norma sosial” ujarnya.

Iran jadi perbincangan di dunia wisata. Hal itu berkat upaya dari pemerintahan, yang kembali menjalin hubungan dengan Barat. Jumlah kunjungan wisatawan melonjak dari 2,2 juta per tahun (2009), jadi 5,2 juta (2015). Target lain pulau ini adalah wisatawan muslim.

“Kami akan mengembangkan pariwisata halal di Kish, karena menyumbang pemasukan besar untuk industri pariwisata. Tren itu meningkat selama 3 tahun terakhir,” kata Ali Jirofti, Deputi Investasi dan Ekonomi Pulau Kish. “Ini berarti dunia memperhatikan pariwisata halal dan itu dikembangkan menjadi strategi negara ini,” lanjutnya.

Kish, kawasan pertama dari 7 kawasan zona perdagangan bebas yang dirancang sejak 1990 untuk ditawarkan kepada investor.

Dengan investor menanamkan uangnya di pulau itu, sasarannya jelas: mengubah Kish, pantainya, dan koral karang jadi destinasi utama. (ard/ard; Endro Priherdito; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20161116103344-269-172963/kish-kawasan-pantai-modern-dan-halal-di-iran)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close