Kesehatan

Manusia Ini Senang Mendzolimi Dirinya Sendiri

Kalo pengin sehat, manusia itu jatah Glukosa seharusnya cuman 2 sendok the/hari. Tapi cara kita makan dan mengonsumsi cemilan karbo dari pagi, siang, sore, dan malam suka berlebihan. Lalu, apa yg terjadi ? Insulin sibuk mengolah Glukosa dari _karbo_ yang masuk, supaya gula darah tetap di bawah 100.

 

Karena gak mungkin manusia ada kadar gula darahnya sampe 1000-2000-30000mg/dl. Betul kan ?

Karena insulinlah, kita dapat terselamatkan dari kadar Glukosa dalam darah yang berlebihan

Glukosa yang dimasukin secara gila-gila’an akan membuat insulin yang bekerja, juga gila-gila’an!!

Akhirnya Pankreas-pun dipaksa terus menerus untuk dapat menghasilkan insulin.

 

Tapi karena _karbo_-nya gak mau berenti dimasukin sama manusia (padahal jatah tubuh hanya 2 sendok teh aja seharinya). Kalo kita denger  dan tahu diri, sebetulnya Insulin protes, ngomongnya kira-kira begini : “Waduuh… Glukosa masuk terus nih, olah dia! Jadikan energi!!!”

Nah, mulai deh berubah tuh Glukosa jadi metabolisme, yang dipake jadi sumber energi.

 

Eh manusianya diem, males ga mau gerak, ga mau Olahraga, ga aktif, kerjanya duduk dikantor, tiduran di rumah, boro-boro jalan, naik tangga aja pengen pake eskalator. Sumber energinya ga pernah dipake… Tapi karbo masuk terus.

 

 

Insulin jadi bingung, Kemanain lagi ni ye… ?

“Masukin aje ke fat cell!. Jadikan Body fat! Jadikan lemak tubuh, trus simpen di situ, di “gudang” penyimpanan.” Jadilah itu lemak terlihat gembyar-gembyor, blewer2, me-lambai2, di perut dan di beberapa tempat lainnya..

 

Eh, tapi karbo-nya masuk terus. Insulin makin bingung. Fat Cell udah ga mau nerima lagi.

Dia bilang : “Ogah! Gue udah cape, alihkan lagi aja ke yg lain. Gue udah nolak”

Insulin lalu ngincer ke liver, maka dialihkanlah ke situ.

 

Apa Kata liver ? : “Eeh, gue kan cuma bisa nampung 100-150gr Glycogen aja..  Apa-apa’an nih ngirim glukosa segini banyaknya ……??!! Over Capacity niiih ..

Akhirnya Liver pun harus kerja keras, mati-mati’an  berusaha mengolah Glucose yang dioper ke sana.

Padahal daya tampung di sana cuman sedikit, dia olah itu Glucose ke Tryglicerid.

 

Melalui proses de novo lipogenesis. Jadilah itu Trigleserid tinggi dan liver diselimutin oleh lemak yg namanya FATTY LIVER. Ngeri ga Broo.?. Liver pun akhirnya sambat …..ampun dah …

Sudah pasti Empedu ikut kena imbasnya, jadi deh masalah baru..

 

Masalah di Empedu!!

Ketika sudah BANYAK sekali problem di tubuh, Fatty Liver, Batu Empedu, TG tinggi, itu semua adalah indikasi yg dinamakan:  HYPERGLICEMIA yg artinya itu kadar glukosa dalam darah ketinggian pisan euy

Plis deh ah..buruan sadar …!!!

 

Insulin menjadi lelah, selelah-lelahnya untuk mengolah Glukosa. Tambah bingung si Insulin..

Mau dikemanain lagi ini Glukosa?” Tapi manusianya, ga bisa berenti makan karbo dan masukin glukosa terus. Maka insulinnya RESIST. Udah engga mau, udah cape, udah ngambek, sambil teriak: “INYONG SUDAH LELAH BAAANG, MULUT TERASA HAUS … YA …HAUUUUUS TERUUUS ”

 

BOOM. Akhirnya Insulin Resistance.. Hasil dari insulin resistance iu menjadi HYPERinsulinemia, pankreasnya ngambek, ngadat, akhirnya.. Turun mesin. Penderita Diabets type 1, Pankreas udah ga mampu menghasilkan insulin lagi, tapi manusianya masih “maksa” in masukin karbo terus. Akhirnya solusinya, insulin disuntikin ke dalam perut, biar bisa ngolah glukosa. Paksa terus!!!

 

Jika kita mau merenungkannya. Betapa manusia itu ternyata senang mendzolimi dirinya sendiri.. Padahal, jauh2 hari Allah udah kasih batasan. Udah kasih peringatan. Hanya kita sering melalaikannya. (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Kalo pengin sehat, manusia itu jatah Glukosa seharusnya cuman 2 sendok the/hari. Tapi cara kita makan dan mengonsumsi cemilan karbo dari pagi, siang, sore, dan malam suka berlebihan. Lalu, apa yg terjadi ? Insulin sibuk mengolah Glukosa dari _karbo_ yang masuk, supaya gula darah tetap di bawah 100.

 

Karena gak mungkin manusia ada kadar gula darahnya sampe 1000-2000-30000mg/dl. Betul kan ?

Karena insulinlah, kita dapat terselamatkan dari kadar Glukosa dalam darah yang berlebihan

Glukosa yang dimasukin secara gila-gila’an akan membuat insulin yang bekerja, juga gila-gila’an!!

Akhirnya Pankreas-pun dipaksa terus menerus untuk dapat menghasilkan insulin.

 

Tapi karena _karbo_-nya gak mau berenti dimasukin sama manusia (padahal jatah tubuh hanya 2 sendok teh aja seharinya). Kalo kita denger  dan tahu diri, sebetulnya Insulin protes, ngomongnya kira-kira begini : “Waduuh… Glukosa masuk terus nih, olah dia! Jadikan energi!!!”

Nah, mulai deh berubah tuh Glukosa jadi metabolisme, yang dipake jadi sumber energi.

 

Eh manusianya diem, males ga mau gerak, ga mau Olahraga, ga aktif, kerjanya duduk dikantor, tiduran di rumah, boro-boro jalan, naik tangga aja pengen pake eskalator. Sumber energinya ga pernah dipake… Tapi karbo masuk terus.

 

 

Insulin jadi bingung, Kemanain lagi ni ye… ?

“Masukin aje ke fat cell!. Jadikan Body fat! Jadikan lemak tubuh, trus simpen di situ, di “gudang” penyimpanan.” Jadilah itu lemak terlihat gembyar-gembyor, blewer2, me-lambai2, di perut dan di beberapa tempat lainnya..

 

Eh, tapi karbo-nya masuk terus. Insulin makin bingung. Fat Cell udah ga mau nerima lagi.

Dia bilang : “Ogah! Gue udah cape, alihkan lagi aja ke yg lain. Gue udah nolak”

Insulin lalu ngincer ke liver, maka dialihkanlah ke situ.

 

Apa Kata liver ? : “Eeh, gue kan cuma bisa nampung 100-150gr Glycogen aja..  Apa-apa’an nih ngirim glukosa segini banyaknya ……??!! Over Capacity niiih ..

Akhirnya Liver pun harus kerja keras, mati-mati’an  berusaha mengolah Glucose yang dioper ke sana.

Padahal daya tampung di sana cuman sedikit, dia olah itu Glucose ke Tryglicerid.

 

Melalui proses de novo lipogenesis. Jadilah itu Trigleserid tinggi dan liver diselimutin oleh lemak yg namanya FATTY LIVER. Ngeri ga Broo.?. Liver pun akhirnya sambat …..ampun dah …

Sudah pasti Empedu ikut kena imbasnya, jadi deh masalah baru..

 

Masalah di Empedu!!

Ketika sudah BANYAK sekali problem di tubuh, Fatty Liver, Batu Empedu, TG tinggi, itu semua adalah indikasi yg dinamakan:  HYPERGLICEMIA yg artinya itu kadar glukosa dalam darah ketinggian pisan euy

Plis deh ah..buruan sadar …!!!

 

Insulin menjadi lelah, selelah-lelahnya untuk mengolah Glukosa. Tambah bingung si Insulin..

Mau dikemanain lagi ini Glukosa?” Tapi manusianya, ga bisa berenti makan karbo dan masukin glukosa terus. Maka insulinnya RESIST. Udah engga mau, udah cape, udah ngambek, sambil teriak: “INYONG SUDAH LELAH BAAANG, MULUT TERASA HAUS … YA …HAUUUUUS TERUUUS ”

 

BOOM. Akhirnya Insulin Resistance.. Hasil dari insulin resistance iu menjadi HYPERinsulinemia, pankreasnya ngambek, ngadat, akhirnya.. Turun mesin. Penderita Diabets type 1, Pankreas udah ga mampu menghasilkan insulin lagi, tapi manusianya masih “maksa” in masukin karbo terus. Akhirnya solusinya, insulin disuntikin ke dalam perut, biar bisa ngolah glukosa. Paksa terus!!!

 

Jika kita mau merenungkannya. Betapa manusia itu ternyata senang mendzolimi dirinya sendiri.. Padahal, jauh2 hari Allah udah kasih batasan. Udah kasih peringatan. Hanya kita sering melalaikannya. (Muchtar AF; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close