Selingan

Menegakkan Sepeda Motor yang Jatuh supaya Punggung tak cedera

(Ainto Harry Budiawan; Metrotvnews.com)-Sepeda motor mengandakan keseimbangan dengan energi gerak yang membuatnya bisa seimbang ‘berdiri’ di atas dua roda. Tapi kadang sepeda motor yang dikendarai terjatuh. Misalnya menabrak kendaraan lain atau tergelincir karena jalan licin.

Setelah memastikan diri tidak ada luka atau cidera serius, ternyata mendirikan sepeda motor yang terjauh juga ada triknya. Cara ini lebih mudah dan aman bagi badan, ketimbang cara konvensional. Dimana Anda membungkuk dan menariknya.

 

Cycleworld membeberkan cara mudah mendirikan sepeda motor yang terjatuh. Selain untuk motor kecil, trik ini juga bisa untuk mendirikan motor besar.

 

Langkah pertama:

matikan mesin dan kontak jika mesin masih hidup dan pastikan perseneling masuk gigi (tidak netral). Belokkan setang kearah jatuh motor, misal jatuh kekiri belokkan kekiri dan sebaliknya.

 

Langkah kedua:

belakangi motor dan posisikan bokong pada bagian tengah jok.

 

Langkah Ketiga,:

dengan setengah jongkok dan memegang setang. Jika arah jatuh kekiri, pegang setang sesuai arah jatuh dengan tangan kanan.

 

Langkah Keempat,:

gunakan tangan lainnya untuk memegang bagian rangka, sasis atau bodi sepeda motor pada bagian yang paling rendah yang Anda bisa pegang.

 

Langkah kelima-terakhir,: posisikan kaki dalam jarak dekat. Posisi dagu harus lurus ke depan bukan ke bawah (untuk memberi kekuatan dan menghindar cidera punggung). Lalu dorong dengan kaki dan bokong sampai motor berdiri.

 

Pastikan saat mendorong, lakukan perlahan.  Jika sepeda motor sudah tegak, turunkan standar samping dan selesai.  (Bahan dari :  http://news.metrotvnews.com/read/2015/07/20/148900/cara-mudah-menegakkan-sepeda-motor-yang-jatuh)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close