Pengalaman Anggota

MP dan Gempa (FE 101)

Program Excel, menurut hemat saya itu sebuah “master-piece” dari seluruh program aplikasi perkantoran. Ia memiliki ratusan rumus matematika yang dalam sekejab dapat mengolah puluhan ribu data. Ia dapat mengurut puluhan ribu data menurut katagori apa saja yang anda bisa pikirkan.

 

Ia-pun bisa menampilkan data dalam bentuk segala macam tampilan grafis. Tak habisnya saya bersyukur sedikit mengenal aplikasi program perkantoran yang paling indah ini, sekalipun setiap mengolah hal yang baru, selalu saya menemukan hal yang belum saya kenal.

 

Saya pernah mengolah data, berikut pertumbuhan lebih dari 500 perusahaan yang tercatat di BEI dari data 8 tahun berjalan. Saya masukan dalam program excel dengan 13 parameter termasuk rasio-rasio keuangan, harga saham (harian), minat investor asing. Dalam sekejab saya dapat melakukan analisa fundamental, termasuk harga instriksic saham setiap perusahaan. Saya bisa mengurutkan dari saham yang nilai fundamental tertinggi sampai terendah, setiap hari.

 

Saya juga mampu membandingan postur keuangan dan pertumbuhan beberapa perusahaan dalam tampilan grafis. Selain saya posting gratis di blog, saya juga memiliki banyak pelanggan berbayar yang saya kirimi rutin hasil analisa saya.

 

Hasil analisa saya tidak terbantahkan, karena bersumber dari laporan keuangan mereka. Aktivitas itu  salah satu penggalan kisah hidup yang indah dan menyenangkan bagi saya. Sekalipun pekerjaan itu saya tinggalkan lebih dari 4 tahun yang lalu, tapi bekas2nya masih tertinggal sampai saat ini bila kita menjelajahnya lewat Google.

 

Cerita lain, pada tahun 2009, saya memiliki data puluhan ribu pensiunan TELKOM. Dengan aplikasi Excel, saya pisahkan kelompok pensiunan yang pensiun sebelum 1 Juli 2002 dan yang pensiun sesudahnya. Dari kelompok yang pertama, karena saya memiliki data potongan tiga permil, saya bisa menghitung MP mereka masing2.

 

Dengan formula median saya bisa hitung pada usia berapa pensiunan TELKOM paling banyak meninggal. Dari nomor NIK saya bisa tahu usia para pensiunan ini dan otomatis saya bisa menghitung berapa dana yang dikeluarkan DAPENTEL untuk membayar MP tiap bulan sampai yang bersangkutan (ramalan) meninggal, dilanjutkan dengan MP janda/duda pensiunan. Untuk semua pensiunan !

 

Saya seperti terbius dan makin dalam mengolah data ini. Kemudian saya mencoba seperti aktuaris, menghitung berapa sih dana yang diperlukan oleh Dapen untuk menaikan pensiunan sebelum Juli 2002, untuk naik sekian persen ? Atau sekian persen ? Atau sekian persen ?

 

Mudah sesungguhnya, saya harus menghitung Present Value dari MP yang dibayarkan kepada setiap pensiunan. Present Value adalah perhitungan nilai saat ini uang yang dibayarkan berturut-turut selama sekian kali (setiap bulan). Untuk itu saya harus memilki angka discount factor yang bisa saya search di Google. Discount factor adalah angka cerminan bunga atau pembiakan uang setiap tahun.

 

Luar biasa program excel itu, dalam sekejap ia mampu menghitung formula yang rumit itu dan menjumlah data setiap pensiunan dalam sekejap. Tidak itu saja, bila parameter saya ubah, juga excel mampu memberikan belasan alternatif. Sungguh suatu program yang ajaib (Sadhono Hadi; dari grup WA-VN)-FR*** (bersambung)

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close