Selingan

Tradisi keturunan India di Padang: Serak Gulo

(news.liputan6.com)-Ratusan warga berkumpul di halaman Masjid Muhammadan di jalan Pasar Batipuh, Padang, Jumat sore. Sejumlah pria keturunan India bersiap di atas teras Masjid dengan tumpukan gula pasir yang siap dibagikan pada warga di bawahnya.

 

Acara unik ini Serak Gulo, tradisi warga keturunan India digelar tiap tahun di bulan jumadil akhir.  Seperti tanggal (17/02/18), gula yang dikemas ukuran kecil 1/4 kilo ini diserahkan/dilemparkan ke arah kerumunan warga di depan Masjid. Warga yang tak sabar berebutan mendapatkannya.

 

Kegiatan ini sebagai ajang silaturahmi warga keturunan India di Padang. Sebab mereka selalu membawa anggota keluarga lain berkumpul dan memeriahkan Serak Gulo. Gula dikumpulkan dari sumbangan warga keturunan India dari daerah2 di Pulau Sumatera. Tahun 2018, gula yang terkumpul lima ton.

 

Tidak ada yang tahu sejak kapan tradisi ini dimulai. Yang pasti, tradisi itu terkait rasa syukur atas rezeki dari Tuhan sehingga mereka bernazar membagikan yang manis2 ke warga sekitar dalam bentuk gula pasir. ( Rio Audhitama Sihombing; Bahan dari :  (http://news.liputan6.com/read/3294223/serak-gulo-tradisi-unik-warga-keturunan-india-di-sumatera-barat)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close