Wisata dan Kuliner

20 Kapal Pesiar akan sandar di Sabang

(travel.tempo.co)-Jakarta-Wisata bahari Sabang kembali dipopulerkan pada pelancong melalui Sabang Marine Festival. Sabang Marine Festival digelar 4 bulan pasca-Sail Sabang, yakni 26-30/4/2018. Dalam festival ini, sebanyak 20 Kapal Pesiar atau yacht akan mendarat di pulau terbarat Indonesia itu.

 

Kepala Badan Pengusaha Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS) Sayid Fadhil mengatakan yacht2 ini bakal membawa turis dari berbagai negara. Di antaranya Selandia Baru, Jepang, Belanda, Australia, Filipina, AS, Denmark, Inggris, Kanada, Australia, Thailand, Swiss, dan Spanyol.

 

Wisatawan asing akan singgah sepekan di Sabang dan akan mengikuti beragam atraksi. “Saat mendarat, mereka akan disambut oleh tarian tradisional” kata Sayid saat konferensi pers Sabang Marine Festival 2018 di kantor Kemenpar, Jakarta Pusat, 16/4/18.

 

Selelah mendarat, penumpang yacht bakal diajak untuk menikmati keindahan alam Sabang. Turis2 itu akan diajak menyaksikan eksotisme Pulau Weh, Pulau Nasi, dan Pulau Aceh yang terkenal keindahan alam bawah dan atas laut yang mempesona.

 

Mereka juga diajak menjajal sejumlah aktivitas. Seperti floating marina, lomba perahu, dan Sabang Underwater. Sabang Underwater ini kegiatan jelajah alam bawah laut. Kekayaan biota laut Sabang menjadi lanskap unggulan yang bakal ditampilkan kepada turis.

 

Bersamaan dengan festival, BPKS bakal merilis Sabang Yacht Club. Sabang Yacht Club menyediakan info hal2 yang mungkin dibutuhkan turis saat tiba di Sabang. Semisal info tempat2 wisata yang bisa dikunjungi di daratan.

 

Sabang Marine Festival ini agenda tahunan. Pada 2018, penyelenggaraannya sebagai upaya promosi dalam membuka peluang Sabang sebagai salah satu jalur yang dilintasi yacht dunia. “Selama ini, jalur yacht hanya melalui Phuket, Langkawi, lalu lanjut ke Angkor,” kata Sayid.

 

Maka itu, Sabang tengah didorong menjadi daerah persinggahan yacht selepas para pesiar melintasi jalur Phuket dan Langkawi. “Kalau bisa, yacht2 itu jangan hanya berdiam di Langkawi, tapi juga singgah ke Sabang” tutur Sayid.

 

Melalui kegiatan bahari seperti Sabang Marine Festival ini, wisatawan asing yang mengunjungi Sabang pada 2018 diproyeksikan mencapai angka 29.084. Proyeksi (2019), diperkirakan 38.681 wisman.

 

Ketua Tim Percepatan Pengembangan Wisata Bahari Dwisuryo Indroyono Soesilo mengatakan, sebagai upaya memperkuat wisata bahari, bukan hanya yacht yang diupayakan bersandar. Namun cruise juga didorong untuk singgah. (Reporter : FRANCISCA CHRISTY ROSANA; Editor :  Rezki Alvionitasari;  Bahan dari : https://travel.tempo.co/read/1080156/20-kapal-pesiar-dari-berbagai-negara-bakal-bersandar-di-sabang)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close