Kesehatan

Cegah Rambut Rontok

(merdeka.com/sehat)- Rambut, mahkota kepala. Apa jadinya jika rambut mulai rontok, hingga botak. Jangan sampai ya karena akan merusak penampilan. Andapun jadi tak percaya diri. Penelitian2 di dunia menyebutkan alasan orang2 mengalami rambut rontok, seperti :

 

Diet tidak tepat, kekurangan vitamin, faktor genetik, stres berlebihan, rasa cemas dan khawatir, sirkulasi darah buruk, dan kulit kepala tidak bersih. Sebelum terlambat peliharalah rambut sedari dini. Selain menghentikan penyebab kerontokan rambut, Anda perlu membantu dari dalam tubuh.

 

Mulailah rajin mengonsumsi makanan pencegah rambut rontok setiap hari. Dilansir dari Boldsky, Konsumsi makanan ini membuat rambut Anda menjadi lebih kuat tanpa harus menjalani perawatan di salon. Berikut adalah lima makanan yang dapat membantu Anda mencegah rambut rontok.

 

Makanan pencegah Rambut Rontok

1-Telur

Rambut Anda sebagian besar terdiri dari protein. Rambut rontok yang dialami bisa terjadi karena kekurangan asupan protein bagi tubuh. Karena itu, Anda harus pastikan asupan protein tetap baik dengan mengonsumsi telur. Bahan makanan ini dipercaya menjadi salah satu sumber protein terbaik.

 

2-Sayuran Hijau

Tak hanya protein, sel-sel rambut butuh nutrisi zat besi. Hal ini karena ketika Anda kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi tidak dapat diangkut ke akar rambut dan folikel. Akibatnya, pertumbuhan rambut  terhambat dan Anda akan mengalami rambut rontok terus menerus. Salah satu sayuran hijau yang dapat Anda konsumsi untuk mengatasi rambut rontok adalah bayam.

 

3-Jeruk

Agar dapat menyerap zat besi, tubuh butuh asupan vit-C. Inilah alasan Anda dianjurkan untuk menambahkan buah jeruk pada daftar menu makanan. Para ahli gizi merekomendasikan satu buah jeruk nipis sehari untuk memenuhi kebutuhan vitamin C.

 

Selain itu, vitamin C penting untuk memproduksi kolagen yang dapat terhubung dengan pembuluh kapiler pada batang rambut. Terpenuhinya kebutuhan vitamin C akan membuat rambut tumbuh lebih cepat. Selain itu, asupan nutrisi bagi rambut pun menjadi teratur.

 

4-Kacang-kacangan

Agar mendapatkan rambut subur dan tebal, tubuh butuh asupan asam lemak omega-3. Oleh sebab itu, Anda dapat menambahkan kacang2an, seperti kenari dan almond pada menu makanan. Hal ini karena tubuh tidak dapat memproduksi lemak sehat ini.

 

Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi biji rami sebagai camilan sehat, sehingga kebutuhan asam lemak esensial bagi rambut pun terpenuhi.

 

5-Wortel dan Alpukat

Kedua bahan makanan ini memiliki khasiat yang berbeda bagi rambut. Mengonsumsi jus wortel yang kaya vit-A akan membuat rambut dapat tumbuh lebih cepat. Selain itu, vitamin A juga membantu memproduksi minyak sebum alami yang dapat menjaga akar rambut tetap sehat.

 

Tak hanya wortel yang kaya vit-A, rambut butuh asupan vit-E. Salah satu makanan bervitamin E adalah alpukat. Vit-E meningkatkan sirkulasi darah membantu folikel rambut bekerja lebih efisien, sehingga rambut tumbuh lebih cepat.

 

Tak hanya itu, konsumsi alpukat menjaga kadar minyak dan pH seimbang pada rambut. (Aretyo Jevon Perdana;  Reporter Merdeka; Sumber dari Liputan6.com dan  https://www.merdeka.com/sehat/tak-perlu-ke-salon-cegah-rambut-rontok-dengan-5-makanan-ini.html)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close