Aku cinta Indonesia

Diluncurkan Transformasi Ekonomi Making Indonesia 4.0

(ekbis.sindonews.com)-Jakarta-Making Indonesia 4.0 itu peta jalan (roadmap) dan strategi Indonesia memasuki era digital dan tanda transformasi ekonomi RI, resmi diluncurkan Presiden. Hal ini komitmen membangun industri manufaktur berdaya saing global melalui percepatan implementasi Industri 4.0.

“Hari ini kita berada di sini berkumpul dan bertemu dalam Indonesia industrial Summit 2018 dan untuk meluncurkan gerakan making Indonesia 4.0. Ini program pemerintah menanggapi revolusi industri 4.0 yang mentransformasi dunia,” ujar Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta (4/4/18).

Peluncuran ini untuk menghadapi dampak revolusi industri dan menghadapi persaingan ekonomi global. Sebab, Mckinsey menilai revolusi industri ini mengalami perubahan lebih cepat. Adapun 5 teknologi utama yang menopang implementasi Industri 4.0, yaitu Internet of Things, Artificial Intelligence, Human-Machine Interface, teknologi robotik dan sensor, serta teknologi 3D Printing.

Untuk penerapan awal Industri 4.0, Indonesia fokus pada 5 sektor manufaktur : Industri makanan dan minuman, industri tekstil dan pakaian, industri otomotif, industri kimia, serta industri elektonik.Di samping itu, Making Indonesia 4.0 memuat 10 inisiatif nasionai yang bersifat lintas sektoral untuk mempercepat perkembangan industri manufaktur di Indonesia.

Ke-10 inisiatif ini, mencakup perbaikan aIur aIiran barang dan material, membangun satu peta jalan zona industri yang komprehensif dan lintas industri, mengakomodasi standar-standar keberlanjutan, memberdayakan industri kecil dan menengah, serta membangun infrastruktur digital nasionaI.

“Kita harus paham ini dan harus menyadari. Ada riset oleh Mckinsey Global Institute di tahun 2015 yang mengatakan bahwa revolusi industri baru dampaknya akan 3.000 kali lebih dahsyat dari revolusi industri pertama di abad 19”.

 

“Mckinsey mengatakan kecepatan perubahannya akan 10x lebih cepat dan dampaknya akan 300x lebih luas. Bayangkan ini” paparnya. (akr; Rina Anggraeni; Bahan dari :  https://ekbis.sindonews.com/read/1295038/34/transformasi-ekonomi-ri-jokowi-luncurkan-making-indonesia-40-1522814805)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close