Aku cinta Indonesia

Ridwan Kamil berencana Rombak Masjid Pusdai

(daerah.sindonews.com)-BANDUNG; Gubernur Jabar Ridwan Kamil berencana merombak total bangunan Masjid Pusat Dakwah Islam (Pusdai) Jabar jadi bangunan masjid lebih representatif dan kekinian.

“Renovasi belum di 2019 karena masih untuk assessment, apa yang harus diubah, disempurnakan. Mungkin 2020 total jadi bangunan representatif, bagus dan kekinian,” ungkap Kamil seusai membuka Rangkaian Milad ke-21 Masjid Pusdai, di Gedung Pusdai Jabar, Kota Bandung (4/12/2018).

Rencana itu dikatakan Emil, sapaannya, setelah dirinya melihat kondisi bangunan Masjid Pusdai Jabar  terkesan kusam dan kumuh. Emil menginginkan, tempat ibadah dan pusat kegiatan umat Islam ini lebih baik dari saat ini.

Emil mengisahkan, bangunan Masjid Pusdai itu proyek pertamanya ketika dia berstatus mahasiswa tingkat akhir. Saat itu, dirinya magang pada arsitek Slamet Wirasonjaya. Emil terinspirasi masjid Turki dengan kubah bertumpuk. “Jadi saya buka di sini. Dari sekian banyak proyek, Masjid Pusdai ini proyek pertama saya. Jadi saya hapal betul setiap lekuk bangunan ini,” katanya.

Selain akan merenovasi, Pemprov Jabar menitipkan sejumlah program kebangkitan Islam tanpa mengenyampingkan kegiatan rutin yang dilaksanakan di Pusdai Jabar selama ini. “Pusdai silakan survei masyarakat Jabar ingin kegiatan2 apa? Harus dua arah umat maunya apa, maka fasilitasi. Kedua kajian2 lintas usia, poliklinik dhuafa juga” katanya.

 

Di tempat sama, Ketua DKM Masjid Pusdai KH Choirul Anam mengatakan, sebelum merenovasi masjid, amanat yang harus diemban : Mengembalikan Pusdai Jabar sebagai Islamic center di Jabar. Karena, kata dia, di Jatim, Jateng, dan DKI ada Islamic Center dengan aktivitas yang lebih maju.

“Kondisi Pusdai ini sangat memprihatinkan, catnya enggak tahu warnanya apa ini. Sebelum renovasi besar, cat ini akan diprioritaskan dan bagian yang udah bocor atap2nya. Masjid ini terakhir renovasi 2008” katanya. (wib; Agung Bakti Sarasa; Bahan dari : https://daerah.sindonews.com/read/1360074/174/ridwan-kamil-berencana-rombak-masjid-pusdai-1543934674)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close