TELKOMGrup dan SEKAR

Telkomsel digitalisasi Kampung perikanan di Indramayu

(indotelko.com)-INDRAMAYU; Telkomsel memperkuat keseriusannya dalam mengembangkan Internet of Things (IoT) mewujudkan Digital Innovation Village. Pengembangan ekosistem IoT ini wujud penerapan teknologi NB-IoT (Narrowband Internet of Things) di Kampung Perikanan Digital di pertambakan Losarang, Kab-Indramayu.

 

Berkolaborasi dengan eFishery dan Japfa melalui anak perusahaanya PT Suri Tani Pemuka, Telkomsel mendukung penerapan Teknologi NB-IoT dengan pemanfaatan mesin automatic fish feeder di kolam2 ikan untuk meningkatkan efisiensi pakan serta mempercepat siklus panen ikan.

 

“IoT jadi elemen penting mendukung roadmap pemerintah “Making Indonesia 4.0”. Telkomsel konsisten meningkatkan kesiapan teknologi dan jaringan untuk menghadapi tren IoT yang berkembang global.

 

Dengan kolaborasi antara Telkomsel, eFishery dan Japfa membuktikan teknologi IoT memasuki sendi2 kehidupan tidak hanya di industri besar tapi juga dapat diterapkan ke sektor2 industri termasuk sektor perikanan” kata VP Corporate Planning Telkomsel Andi Kristianto (10/12).

 

Kolaborasi bersama mewujudkan Kampung Perikanan Digital ini, kami ingin tingkatkan produktivitas dan efisiensi budidaya ikan melalui penerapan NB-IoT. Ini sejalan dengan visi kami untuk mentransformasi digital dan jadi yang terdepan dalam menerapkan perkembangan teknologi seluler terkini yang  memberikan manfaat besar bagi masyarakat di masa depan,” lanjut Andi.

 

NB-IoT itu teknologi telekomunikasi terbaru, dirancang khusus agar komunikasi antar mesin yang semakin masif dengan coverage jaringan telekomunikasi yang semakin luas dapat dilakukan secara efisien, serta penggunaan daya pada perangkat pengguna semakin hemat.

 

Teknologi radio akses NB-IoT, salah satu jenis teknologi jaringan Low Power Wide Area (LPWA), memungkinkan perangkat beroperasi hingga ber-tahun2 tanpa pengisian daya ulang baterai sehingga  menghemat biaya. Teknologi ini mampu menghasilkan kapasitas koneksi yang masif untuk solusi dan aplikasi berbasis IoT.

 

Dengan penerapan teknologi NB-IoT dalam mesin automatic fish feeder akan menghasilkan simplifikasi proses pemberian makan ikan di kolam luas sekalipun. Teknologi ini mengatur pemberian pakan otomatis, sehingga memudahkan petani memantau dan menjadwalkan pemberian pakan pakai aplikasi smartphone.

 

Selain itu juga membantu petani meningkatkan efisiensi pakan serta mempercepat siklus panen ikan. Dalam kolaborasi ini, PT Suri Tani Pemuka turut menghadirkan pakan2 ikan berkualitas untuk kolam2 ikan di Kampung Perikanan Digital ini.

 

Program Kampung Perikanan Digital ini diapresiasi pemprov Jabar karena mendukung program Desa Digital Jabar. Dalam program Desa Digital Jabar ini, Pemprov ingin mengimplementasikan inovasi digital di 10 desa dari 5 kota di Jabar via adopsi layanan IoT yang digelar Telkomsel khususnya budidaya ikan.

 

Gubernur Ridwan Kamil mengatakan Desa Digital itu skenario Jabar yang mewujudkan revolusi industri 4.0. Menurutnya, masyarakat desa bisa memanfaatkan aplikasi digital untuk meningkatkan pendapatan serta mengembangkan potensinya. “Tak hanya urusan wifi2 tapi mengubah cara berdagang, mengubah cara berkomunikasi, memetakan potensi, mempromosikan wisata desanya melalui digital ekosistem”.

 

Founder eFishery Gibran Huzaifah mengatakan perikanan merupakan industri yang besar, dan petani-pembudidaya Indonesia salah satu yang terbaik di dunia. Karenanya kenapa tidak Indonesia benar2 jadi pionir dalam praktek budidaya yang mengedepankan teknologi.

 

“Telkomsel sebagai penyedia layanan digital terbesar, serta STPpenyedia produk perikanan terbesar, dan digabungkan dengan Pemprov yang bervisi yang luar biasa membangun pedesaan, kolaborasi ini  membantu petani agar makin besar. Kami bahagia inisiatif dan produk kami dapat memfasilitasi kolaborasi itu. Ini sesuai visi kami yaitu bring the future of aquaculture,” katanya.

 

Presdir PT Suri Tani Pemuka JAPFA Group, Ardi Budiono mengatakan Kampung Perikanan Digital menandakan keseriusan PT Suri Tani Pemuka mengembangkan industri budidaya perikanan yang berkelanjutan khususnya di Desa Losarang, Indramayu.

 

“Sinergi dengan Efishery dan Telkomsel menandakan perusahaan kami selalu mengikuti perkembangan teknologi demi memajukan industri budidaya perikanan di Indonesia,” katanya.

 

Keseriusan Telkomsel mengembangkan teknologi IoT menjadikan layanan tepat bagi Enterprise Customers penghubung perangkat, mesin dan objek yang berisi teknologi internet.

 

Tujuannya membantu mengembangkan perusahaan bisnis serta memajukan kehidupan masyarakat di semua bidang seperti Automotive & Transportation (Fleet Management 2W & 4W, Order Management, Workforce Management), agriculture, environment monitoring, utility smart metering (water, gas and electricity), smart cities (parking and waste management), dan smart building (alarm systems and access control). (ad; Bahan dari  : https://www.indotelko.com/kanal?c=id&it=telkomsel-kampung-indramayu)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close