Iptek dan Lingk. Hidup

Helm dengan kecerdasan membantu Tuna netra

(cnnindonesia.com)- Shenzhen, Huawei memamerkan helm canggih yang dapat ‘melihat’ lingkungan di sekitar penggunanya. Hal itu berkat kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) yang dibenamkan di dalam helm itu.

Helm buatan Huawei ini warna merah menyala dan berbentuk serupa helm sepeda. Bedanya, ada antena yang mencuat di atas helm yang berfungsi sebagai pengirim dan penerima sinyal. Huawei memamerkan helm canggih itu dari video yang diputar dalam forum Huawei Analyst Summit 2018 di Shenzhen, China.

 

Chief Strategy Marketing Huawei William Xu berkata teknologi seperti ini memudahkan hidup para penyandang disabilitas. “Akan segera ada di pasar,” kata William percaya diri, (17/4).

Dalam video demonstrasi yang diputar, helm AI ini dipakai seorang perempuan lansia tunanetra. Perempuan itu lalu berjalan seperti orang pada umumnya tanpa menggunakan tongkat pemandu.

Tak hanya menyeberang jalan dengan aman, perempuan tadi terkesan bisa mengenali temannya yang berdiri tak jauh di depan.

William tak menjelaskan, Ia hanya menekankan AI akan berperan penting dalam kehidupan sehari-hari manusia di masa depan. Presentasi William di forum itu banyak membahas arah bisnis Huawei di masa datang. Dengan dukungan jaringan telekomunikasi 5G, teknologi AI akan jadi tumpuan mereka seperti yang mereka rumuskan dalam Global Industry Vision (GIV) 2025.

Kendati menyebut angka 2025, tak menutup kemungkinan Huawei akan meluncurkan produk-produk berbasis AI seperti helm canggih tadi lebih cepat.

Helm AI ini dikembangkan oleh divisi X Labs milik Huawei yang fokus berinovasi pada teknologi masa depan. (eks; Bintoro Agung; Bahan dari :  https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20180417195316-185-291526/helm-dengan-kecerdasan-buatan-bantu-tunanetra-lihat-sekitar)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close