Psikologi

Ikigai-Konsep Orang Jepang meningkatkan kerja dan hidup(2/3)

(bbc.com/indonesia)-Berikut lanjutan seri Ikagai : Konsep untuk panjang umur?

Jepang, rumah bagi penduduk tertua di dunia – 87 tahun untuk perempuan dan (81) untuk laki2, menurut Kemenkes, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan negara itu. Dapatkah konsep ikigai ini berdampak  umur panjang?

 

Penulis Dan Buettner meyakini hal itu. Dia penulis Blue Zones: Lessons on Living Longer from the People Who’ve Lived the Longest (Zona Biru: Pelajaran untuk Hidup Lebih Panjang dari Orang2 Tertua), dan telah berkeliling dunia mengeksplor komunitas2 tertua di dunia, yang disebutnya “zona biru”.

 

Salah satu zonanya Okinawa, pulau terpencil dengan jumlah Lansia di atas 100 tahun yang sangat besar. Meski diet unik kemungkinan memiliki peranan atas umur panjang penduduk, dia katakan ikigai juga berperan. “Orang lebih tua dihargai, mereka berkewajiban meneruskan kebijaksanaan mereka ke generasi lebih muda”. Hal ini memberi mereka tujuan hidup di luar diri dan melayani komunitas mereka.

 

Menurut Buettner, konsep ikigai tidak eksklusif ke orang Okinawa saja: “mungkin tidak ada kata untuk itu namun di setiap empat zona biru seperti Sardinia dan Nicoya Peninsula, konsep yang sama hadir diantara orang-orang yang hidup panjang.”

 

Buettner menyarankan membuat ketiga hal ini di daftar anda: nilai2 anda, hal2 yang anda suka kerjakan, dan hal2 yang anda kuasai. Persilangan ketiga daftar ini adalah ikigai anda. Untuk, mengetahui ikigai anda semata tidak cukup. Anda butuh saluran. Ikigai adalah “tujuan dalam aksi,” katanya.

 

Untuk Tomi Menaka (92), ikigainya adalah menari dan bernyanyi dengan teman2nya di kelompok tari KBG84, katanya kepada koran Mainichi. Untuk yang lain, mungkin pekerjaan.

 

Mengambil tindakan

Dalam budaya yang menghargai kerja tim dibanding individu, pekerja Jepang didorong jadi berguna bagi orang lain, dihargai, dan dihormati para rekan kerja mereka, kata Toshimitsu Sowa, CEO dari firma konsultan SDM Jinzai Kenkyusho.

 

CEO perusahaan perekrutan eksekutif Probity Global Search Yuko Takato menghabiskan waktunya dengan orang2 berkualifikasi tinggi yang menganggap pekerjaannya sebagai ikigai mereka dan, menurut Takato, mereka memiliki satu hal yang sama: mereka termotivasi dan cepat mengambil tindakan.

 

“Jika anda ingin mulai membangun perusahaan namun anda takut menyelam ke ketidaktahuan, pergi dan temuilah seseorang yang sudah melakukan hal serupa seperti yang anda pikirkan.” Dengan melihat rencana anda dalam tindakan, Takato mengatakan, “itu memberi anda kepercayaan diri bahwa anda dapat melakukannya juga”.  Yukari Mitsuhashi; Bahan dari :  http://www.bbc.com/indonesia/vert-cap-41021291)-FatchurR *** Bersambung……

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close