Iptek dan Lingk. Hidup

Embun Pagi-Dendrodium

Anggrek jenis Dendrodium silangan warna-warni tumbuh subur di pohon2 sekitar jalan Jos Sudarso, jalan Pemuda, jalan Ketabang Kali Surabaya. Pemilihan jenis tumbuhan yang ditempel di batang pohon sepanjang jalan setinggi sekitar 4 meter, ber-sama2 dengan Kandaka adalah pilihan tepat dan cerdas.

 

Kandaka menyimpan kelembaban, daunnya yang lebar cukup melindungi anggrek, tapi tetap menyisakan sinar yang cukup untuk Dendrobium agar rajin berbunga. Keliling dua hari di Surabaya, mulai Kantor Kotamadia Surabaya sampai ke Sepanjang dan kampus UPN, terkesan dengan penghijauan di Surabaya ini.

 

Nyaris tidak ada tanah kosong yang tidak dihiasi tanaman. Bahkan sepanjang Jagir, yang dulu hanya ilalang, kini rapi ditata tanaman hijau. Terbayang manajemen besar dibalik keindahan dan kehijauan Surabaya ini. Banyak Walikota yang bertekad menghijaukan kotanya, tapi sedikit yang berhasil seperti bu Risma.

 

Dibalik keindahan Taman Bungkul dan halaman Kantor bu Wali, ada pengaturan yang rumit pada kebersihan dari rontokan daun, ada manajemen penyiraman setiap hari, ada keahlian pemangkasan yang tidak sembarangan, ada pengendalian penyakit tanaman, ada teknologi pupuk dan pasti membutuhkan orang yang telaten, rajin, sangat ulet dan tentu saja disiplin baja.

 

Pinggiran kali Brantas, disulap jadi tempat bermain sepeda BMX, sepatu roda dan papan luncur yang rimbun. Pada malam hari sungai yang bersih dari sampah ini, dijadikan tempat pesta lampion, siang hari tempat orang berperahu dan berselancar dengan kayak. Sungguh kota yang memanjakan pejalan kaki dan pelari jogging.

 

Selain mengunjungi kerabat dan sahabat lama yang sakit, tentu saja saya kembali bernostalgia dengan rasa, rujak cingur dengan bumbu petis yang kental, lumpia Surabaya yang “loman” dengan daun bawang, rawon Kalkulator di Taman Bungkul, Es krim dari Senor Zangradi (sejak 1930, tidak berubah), Gado-gado Surabaya, pecel Ketabang Kali dan masih banyak lagi. Hasil balas dendam ini, …….. ya ampun …… kembali ke Jogja, berat badan langsung naik tiga kilo. (Sadhono Hadi; EP 026; dari grup WA-VN)-FR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close