Selingan

Tradisi Unik Ramadan di berbagai Negara

(m.liputan6.com/ramadan)- Kapanlagi.com, Jakarta – Di Mesir saat bulan Ramadan, orang2 ramai mempersiapkan atau beli lampion untuk dinyalakan saat malam hari. Bentuk dan gambarnya pun ber-macam2.

 

Tradisi ini jelaslah membuat suasana Ramadan di negara yang terletak di kawasan Afrika Utara itu terlihat sangat meriah dan berbeda dari bulan2 lainnya dalam satu tahun.

 

Indonesia memiliki banyak tradisi unik selama Ramadan. Namun, satu yang terunik tentu saja tradisi membangunkan warga sahur. Berbagai alat untuk membangunkan sahur pun digunakan, mulai dari kentongan hingga sound system besar. Biasanya mereka keliling satu komplek atau RT dan bernyanyi “sahuuuur sahuuurr”, sambil memukuli alat yang mereka bawa masing2.

 

Sama dengan Indonesia, Turki juga memiliki “pasukan” khusus untuk membangunkan orang sahur. Para pemuda bergabung dan mendaftarkan diri untuk menjadi tim drummer yang akan berkeliling dan membangunkan warga menggunakan pakaian khas kekaisaran Ottoman.

 

Di Pakistan biasanya orang2 akan berbuka bersama memakan samosa, makanan khas dari Timur Tengah. Ada tradisi unik nih di Mekkah. Meriam akan ditembakkan saat waktu Magrib sudah dekat, yang nantinya akan memberitahu masyarakat jika waktu berbuka puasa akan datang sebentar lagi.

 

Di Singapura, ada bazar yang dibuka khusus selama bulan Ramadan saja. Selain menjual pernak-pernik, ada juga wisata kuliner yang pastinya bisa menemani waktu berbuka.

 

Warga muslim di China memiliki tradisi Muqom saat bulan Ramadan. Ini tarian diiringi musik sederhana, dan biasanya dilakukan oleh muslim Kashagar di China. (Reporter: Ferry Sanjaya; Bahan dari :  Kapanlagi dan https://m.liputan6.com/ramadan/read/3538480/tradisi-unik-saat-ramadan-dari-berbagai-negara-ada-indonesia-juga)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close