Kesehatan

Cara agar tetap aktif tanpa lemas saat berpuasa

(lifestyle.sindonews.com)-Jakarta; Lemas dan tidak produktif kerap dikeluhkan orang saat menjalankan ibadah puasa Ramadhan sehingga membuat puasa tak maksimal. Umumnya, lemas saat puasa terjadi pada awal puasa yaitu 3-4 hari pertama.

 

Namun, persiapan yang baik, tubuh dapat menjalankan puasa tanpa lemas dan tetap aktif. Salah satunya dengan santap sahur menjelang waktu imsak. Ahli gizi Rita Ramayulis DCN, MKes menjelaskan makan sahur terlalu cepat dapat menurunkan stamina berpuasa, tubuh berisiko tidak dapat suplai energi dan zat gizi sehingga tubuh menjadi cepat lemas.

“Makan sahur mendekati waktu imsak akan lebih baik karena tubuh akan dapat cadangan energi lebih banyak sehingga saat menjalani aktivitas seharian tubuh pun lebih siap dan berstamina,” ungkap Rita.

Perhatikan juga menu sahur. Sediakan menu sahur yang mengandung indeks glikemik rendah, tinggi protein dan rendah lemak. Makanan berindeks glikemik rendah bisa jadi energi secara lamban dan terus menerus. Makanan indeks glikemik tinggi memberi energi yang cepat namun tidak bertahan lama.

“Makanan indeks glikemik rendah contohnya karbohidrat berserat, nasi merah serta kombinasi nasi putih atau roti gandum. Makanan tinggi protein lebih lama dicerna dalam waktu 3-4 jam sehingga bisa kenyang lebih lama. Makanan mengandung protein lemak rendah putih telur, ikan, tempe, tahu, ayam tanpa kulit, daging tanpa lemak,” jelasnya.

Tak hanya memperhatikan asupan makanan saat sahur, agar lemas saat menjalankan puasa, perlu juga adanya dukungan niat yang kuat ditambah fokus menjalankan ibadah. Pasalnya, niat yang kuat untuk menjalankan puasa, maka puasa akan berjalan lancar dan mendapatkan manfaatnya.

“Menjaga puasa agar tidak jebol itu soal komitmen menjalankan ibadah. Kalau komitmennya tidak kuat justru merugikan diri” jelasnya. (tdy; Diana Rafikasari; Bahan dari :  https://lifestyle.sindonews.com/read/1307026/155/ini-cara-agar-tetap-aktif-tanpa-lemas-saat-puasa-1526652927)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close