Iptek dan Lingk. Hidup

Kota2 yang bakal melarang Mobil Pribadi(1/2)

(oto.detik.com)-Jakarta; Teknologi kendaraan akan makin canggih. Dunia butuh kendaraan lebih ramah lingkungan yang tak mengeluarkan emisi untuk menuntaskan masalah polusi yang bikin Planet Bumi makin menderita.

Teknologi kendaraan ramah lingkungan itu kini beragam dan dikembangkan pabrikan otomotif. Tak Cuma hybrid yang menggabungkan mesin bakar dan motor listrik, ada juga mobil listrik sepenuhnya hingga mobil bertenaga hidrogen. Kota2 besar di dunia berniat melarang mobil bermesin Bensin-Diesel. Hal itu sebagai solusi menekan polusi yang melanda kota2 besar di dunia.

Beberapa kota di negara seperti Inggris, Prancis, India dan Norwegia berkomitmen ‘menyuntik mati’ kendaraan bermesin BBM. Mereka ingin kualitas udaranya lebih bersih. Berikut kota2 di dunia yang bakal melarang peredaran mobil.

1-Oslo Norwegia

Kota Oslo, Norwegia, berencana melarang semua mobil beredar di pusat kota (2019). Sebagai gantinya, ibukota Norwegia itu menanam investasi besar2an membangun transportasi publik dan mengganti jalan sepanjang 60 km yang sebelumnya didominasi mobil jadi jalur khusus sepeda.

Bus dan tram tetap dibolehkan beredar di pusat kota. Oslo punya 600.000an penduduk dan hampir 350.000 mobil di seluruh kota. Kebanyakan pemilik mobil tinggal di luar pusat kota (di perbatasan) Oslo. Langkah pemerintah kota Oslo ini untuk menekan polusi. Kota Oslo akan jadi kota di Eropa pertama yang melarang peredaran mobil bermesin bakar.

2-Madrid Spanyol

Kota Madrid, berencana melarang peredaran mobil di pusat kota pada 2020. Walikota Madrid, Manuela Carmena, merencanakan larangan mobil pribadi di pusat Ibukota Spanyol. Jalanan kota akan diubah jadi area pejalan kaki dan pesepeda. Hanya sepeda, bus, dan taksi yang boleh melintas kota Madrid.

Pengemudi mobil pribadi yang tak menaati akan ditilang. Mobil berpolusi tinggi dikenakan biaya parkir mahal. Ini inisiatif kota Madrid untuk lebih ramah lingkungan. Langkah ini bagian dari rencana mobilitas berkelanjutan Madrid yang bertujuan mengurangi penggunaan mobil dari 29% jadi 23%

 

3-Chengdu; China

Arsitek asal Chicago mendesain area kota China. Tata letak kota itu dibuat lebih mudah berjalan kaki ketimbang berkendara. Kota Chengdu, China, tidak melarang mobil sepenuhnya. Hanya setengah jalan di kota yang bisa digunakan berkendara. Rencana pembatasan kendaraan itu pada 2020. Tapi, masalah zonasi membuat kota itu menunda tenggat waktu.

Secara nasional, China berencana mengurangi produksi dan penjualan mobil dan truk ber-BBM Fosil  alias yang menggunakan BBM bensin atau solar. Menteri Perindustrian China, Xin Guobin mengatakan kini mulai diriset terkait hal tersebut namun belum menentukan kapan akan mulai memberlakukannya. (Rgr; Ddn; Rangga Radiansyah; Bahan dari :  https://oto.detik.com/mobil/d-4076171/kota-di-dunia-yang-bakal-larang-mobil-pribadi)-FatchurR * Bersambung……………

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close