Kesehatan

Minuman pereda Asam Lambung naik saat berpuasa

(lifestyle.sindonews.com)-Jakarta; Masalah asam lambung naik kerap dikeluhkan saat berpuasa. Agar tak lagi kambuh, ada minuman2 yang membantu mengatasi nyeri perut. Masalah pencernaan seperti asam lambung naik itu salah satu masalah yang kerap dikeluhkan selama menjalankan puasa Ramadhan.

 

Agar terhindar dari kekambuhan dan menjalankan puasa secara lancar, penting menjaga asupan makanan. Selain itu, ada minuman2 yang dipercaya membantu membebaskan rasa nyeri di perut selama berpuasa. Berikut seperti dikutip dari Sociolla.

 

1-Susu Rendah Lemak
Untuk meredakan asam lambung, pilih susu rendah lemak. Susu berlemak rendah mudah dicerna oleh lambung dan tidak membuat kadar asam lambung makin meningkat. Selain susu sapi rendah lemak, Anda dapat mengonsumsi susu almond atau susu kedelai. Susu almond mengandung alkaline dan susu kedelai memiliki kandungan lemak rendah yang bermanfaat untuk meredakan asam lambung.

 

2-Jahe Hangat
Jahe berefek gastroprotektif yang bisa menghambat asam dan menekan bakteri helicobacter pylori. Jahe juga merangsang produksi air liur dan membersihkan asam di kerongkongan. Kandungan fenol di jahe berperan sebagai antioksidan, anti-inflamasi yang membantu mengurangi dan menetralisir kadar asam lambung.

Untuk membuat minuman jahe hangat, Anda cukup mencampurkan parutan jahe kedalam air hangat dan tambahkan madu. Mengonsumsi jahe hangat secara rutin, akan membantu menghilangkan rasa mual dan sembuh dari penyakit asam lambung.
3-Air Kelapa

Kadar asam lambung yang meningkat dan berlebihan hingga menimbulkan mual dan nyeri bisa diredakan dengan air kelapa. Selain berfungsi sebagai isoton alami, air kelapa berkhasiat mengatasi ketidaknyamanan yang diakibatkan oleh naiknya kadar asam lambung.

Air kelapa mengandung kalium yang bermanfaat membuat pH asam tubuh jadi basa sehingga dapat menetralisir asam lambung yang berlebihan. Mengkonsumsi segelas air kelapa tanpa gula setelah makan sahur atau berbuka, dapat membantu Anda terhindar dari penyakit asam lambung selama puasa.

4-Jus Buah dengan Kandungan Asam Rendah

Pastikan pilih buah dengan kandungan asam rendah. Seperti wortel, semangka, mentimun dan pisang. Buah2an itu mengandung alkali dan serat yang membantu menetralisir kadar asam lambung dan melancarkan pencernaan. (alv; Diana Rafikasari; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1309848/155/4-minuman-yang-bisa-redakan-asam-lambung-naik-saat-puasa-1527564154)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close