Kesehatan

Risiko Terlalu banyak tidur

(lifestyle.sindonews.com)-Jakarta; Penelitian terbaru yang dilakukan Seoul National University di Korsel  menunjukkan terlalu banyak tidur bisa meningkatkan risiko kematian dini. Penelitian ini menganalisis 133.608 orang dewasa usia (40-69).

Hasil penelitian: wanita yang tidur lebih dari 10 jam tiap hari, 40% berisiko mengalami kematian dini yang disebabkan oleh berbagai masalah kesehatan yaitu pinggul membesar, tekanan darah tinggi dan peningkatan kadar lemak, gula dalam darah.

Penyakit lainnya kadar kolesterol baik menurun, penyakit jantung, stroke, diabetes hingga kanker. Berbeda dengan wanita, pria yang tidur lebih dari 10 jam berisiko lebih kecil mengalami kematian dini yaitu sekitar 28%. Penelitian ini dipublikasikan pada jurnal BMC Public Health.

Dilansir New York Post, fakta lain menunjukkan pria yang tidur kurang dari 6 jam tiap hari, 12% berisiko mengalami kematian dini. Sedang wanita 9% risiko kematiannya dini lebih tinggi. Peneliti menduga durasi tidur mempengaruhi hormon terkait nafsu makan, asupan kalori dan penggunaan energi.

“Untuk kesejahteraan secara keseluruhan, direkomendasikan orang dewasa tidur 7-8 jam/malam,” ujar peneliti utama, Claire Kim. (alv; Diana Rafikasari; Bahan dari : https://lifestyle.sindonews.com/read/1315627/155/terlalu-banyak-tidur-tingkatkan-risiko-kematian-dini-1529684263)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close