Kesehatan

Bahaya Periodentitis Plak Jantung dan Cacat Janin

(viva.co.id/gaya-hidup)- Periodontitis itu keadaan radang terjadi pada jaringan tepi yang menyangga gigi di mulut. Peradangan ini tidak sepele karena dampaknya bisa menyebar ke berbagai organ. Periodontitis terjadi pada 4 jaringan penyangga yaitu gusi, ligamen, sementum, dan tulang.

 

Peradangan ini ditandai : Gusi berwarna kemerahan karena radang, pembentukan kantong gusi, gigi yang goyang dan bergeser, serta bau mulut.

 

“Peradangan 4 jaringan ini karena timbulnya plak menumpuk terus menerus akibat kuman di mulut. Bahaya peradangan ini, kita tak tahu dari 4 jaringan itu, mana yang terganggu” ujar Spesialis Periodonsia RSPI, drg. Dedy Yudha, Sp.Perio., ke VIVA di RS Pondok Indah Group di kawasan Blok M, Jakarta.

 

Penanganannyasulit, peradangan 4 jaringan penyangga itu bisa picu infeksi di organ lain. Ia bisa menyerang janin yang dikandung ibu hamil.

 

“Infeksi fokal terjadi, seperti plak yang mengalir ke jantung menyebabkan aterosklerosis, bisa menyebar ke selaput otak, hingga ke usus. Kuman menumpuk di 4 jaringan penyangga itu juga menyerang janin sehingga janin jadi berat badan tidak ideal atau lahir cacat”.

 

Kualitas hidupnya ikut menurun seiring masalah periodontitis yang menyerang. Periodontitis bisa menyerang segala usia dan di berbagai kalangan.

 

“Tingkat pendidikan tidak berpengaruh pada periodontitis, semua kalangan bisa kena karena rokok, makanan dan minuman buruk. Periodontitis juga menyerang kaum muda di usia (30), bukan lagi di usia (40) seperti dulu” jelasnya. (Tim Viva; Bahan dari : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1049190-bahaya-periodontitis-plak-jantung-hingga-cacat-janin)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close