Kesehatan

Berbahaya jika main Gadget terlalu lama

(cnnindonesia.com/teknologi)- Jakarta, Bermain gadget terlalu lama dapat menimbulkan permasalahan2 kesehatan. Terbaru, studi mengungkapkan terlalu sering menggunakan gadget mengakibatkan sakit leher atau dikenal juga “text neck”.

Sakit leher ini disebabkan kebiasaan kita yang terlalu sering menunduk atau membungkuk ketika memainkan gadget dalam waktu lama. Kebiasaan buruk lain yang memicu ‘text neck’ ini ketika kita memainkan gadget sambil tiduran. Dr.James Carter, praktisi kiropraksi Australia, dikutip DigitalSpy.co.uk jumlah penderita penyakit ini makin meningkat, khususnya dari kalangan usia muda.

 

Diinformasikan tiap hari 78an% remaja kini menghabiskan 2 jam waktu belajar dengan mengakses internet via perangkat genggam. Ini kemudian meningkatkan resikonya menderita sakit leher. Kurangnya OR dan bergerak ikut jadi faktor pendukung yang mengakibatkan anak muda rentan menderita nyeri di leher.

“Banyak pasien berdatangan dan mengeluh mereka mengalami sakit kepala atau nyeri punggung. Namun, penyebab utamanya yang mereka derita itu kebiasaan buruk yang terlalu lama memainkan gadgetnya”. Untuk menghindari nyeri, pengguna bisa dengan tips yang direkomendasikan Spine-Health.com. Pertama, pastikan kita duduk dengan posisi tegak ketika mengetik di depan laptop.

Jangan berada pada posisi statis cukup lama, usahakan sesekali beristirahat dan menggerakan tubuh. Ketika mengetik di ponsel, kita dianjurkan pegang dan meletekkan ponsel setidaknya sejajar dengan mata kita. Dan yang terakhir, kita bisa melakukan terapi atau pijat leher. (Tyo; Marry Marsela; Bahan dari : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151022115105-185-86577/bahaya-kesehatan-bila-bermain-gadget-terlalu-lama)-FatchurR *

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close