Kesehatan

Dibalik Kode Warna pada Kemasan Pasta Gigi

(klikdokter.com)-Jakarta; Beberapa waktu lalu beredar peringatan mengenai kode warna pada ujung kemasan pasta gigi. Kode warna merah, hijau, biru, dan hitam itu dianggap tanda kandungan bahan di dalamnya.

 

Kabarnya, biru menandakan pasta gigi berbahan natural dan obat2an. Warna hijau kandungan natural. Warna merah adanya bahan natural ditambah bahan kimia. Sedangkan warna hitam menandakan bahwa pasta gigi mengandung bahan kimia murni.

 

Info ini kurang dapat dipercaya karena kandungan yang disebut natural dalam pasta gigi juga terbuat dari bahan kimia. Yang dimaksud dengan kandungan obat2an pun tidak dipaparkan secara spesifik.

 

Faktanya, kode warna pada ujung kemasan tak ada hubungannya dengan kandungan bahan di pasta gigi. Kode warna itu se-mata2 tanda (eye marks atau color marks). Tujuan pemberian eye marks, agar sensor pada mesin pembuat kemasan pasta gigi tahu di mana posisi yang tepat untuk memotong, melipat, dan menyegel (hotpress) kemasan dengan kecepatan tinggi.

 

Selain itu, kode warna itu berfungsi membantu mesin mengetahui bagian atas dan bawah. Bagian atas berisi logo dan nama merk produk, sedang bagian bawah berisi informasi kandungan bahan didalamnya.

 

Membuktikannya?, Anda bisa periksa kode warna itu dan terlihat bagian akhir kode warna persis di ujung tepi kemasan. Kode warna tidak hanya merah, biru, hijau, dan hitam, tetapi juga terkadang tak terlihat warnanya. Mengapa warnanya beda2? Semua bergantung kemampuan sensor mesin pembuat kemasan pasta gigi.

 

Karena itu, Anda tidak perlu ragu mendapat manfaat dari pasta gigi. Untuk memastikan kandungan bahan di dalam pasta gigi, Anda hanya perlu melihatnya di bagian bawah kemasan. (BA; RH; Drg Callista Argentina; Bahan dari : https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2958984/fakta-di-balik-kode-warna-pada-kemasan-pasta-gigi)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.




Enter Captcha Here :

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lihat Juga
Close
Back to top button
Close
Close