TELKOMGrup dan SEKAR

Telkom mendukung Smart City di Magelang

(indotelko.com)- JAKARTA Telkom mendukung Pemkab Magelang  jadi Smart City di Indonesia. GM Telkom Witel Magelang dan Eks Kedu Fera Pebrayenti, mengatakan perseroan siap membantu percepatan di bidang infrastruktur TI untuk mewujudkan Magelang menjadi Smart City.

 

Nantinya, setiap instansi di Kelurahan dan Kecamatan akan dimodernisasi jaringan internetnya dari  kabel tembaga menjadi serat optik yang akan menyediakan koneksi internet lebih cepat dalam mendukung sistem Smart City.

 

“Kita akan bantu percepatan pembangunan infrastruktur, di instansi di lurah kecamatan kita ganti dengan serat optik. Kurang lebih 11 ribu jaringan akan kita ganti dari tembaga ke fiber, Progres akhir-2018 ini selesai semua, sehingga dapat mendukung pengembangan Smart City bagi Magelang,” ujarnya.

 

Pemkab Magelang menyiapkan berbagai langkah strategis untuk menjadikan Kabupatennya menjalankan smart city.   Pjs Bupati Magelang, Tavip Supriyanto, berharap  melalui kerja sama yang dilakukan dengan Telkom seluruh pelayanan di instansi dan SKPD dapat terhubung.

 

“Kerja sama ini dalam rangka menindaklanjuti program yang kita bangun bersama, kegiatan smart city akan sgera kita implementasikan. Kerja sama  Telkom, menyiapkan sarana prasaran, seluruh pelayanan masyarakat dapat kita berikan secara mudah” tuturnya.

 

Rencananya, Kabupaten Magelang  mengadopsi konsep dan aplikasi Smart City dari Kota Semarang. Berbagai pelayanan seperti pelayanan kesehatan, pelayanan perizinan, pelayanan kependudukan, pelayanan informasi, sampai sistem keuangan desa, semua akan diubah dan diintegrasikan ke dalam program kota cerdas ini.

 

Kadiskominfo Kabupaten Magelang, Agus Liem, mengatakan, kurang lebih 9 SKPD di Kabupaten Magelang yang sudah siap dan dapat menerapkan konsep Smart City.

 

“Diantaranya, bidang Kesehatan, Rumah Sakit, Perijinan, Kependudukan, Pariwisata, Perdagangan, Pendidikan, Kominfo, dan BPBD. Semua dinyatakan siap dan dapat segera menerapkan layanan berbasis Smart City,” ujar Agus Liem.

 

Sejumlah layanan yakni pembuatan akta kelahiran secara langsung, ketersediaan kamar rumah sakit, perizinan yang dapat dilakukan dari desa secara online sampai informasi harga bahan pokok. (ad; Bahan dari  :  https://www.indotelko.com/kanal?c=bid&it=telkom-magelang-smart-city)-FatchurR

Tulisan Lainnya :

  • Tidak ditemukan tulisan
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :

Back to top button
Close
Close